JELI MEMILIH PEMIMPIN

1 2 3 4 5 Rating 4.46 (37 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KELUARAN 18:13-27

"Namun, dari seluruh bangsa ini harus juga kaucari orang yang terampil dan takut akan Allah, orang yang terpercaya, dan yang benci kepada suap. Tempatkanlah mereka di antara bangsa ini menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang." (Keluaran 18:21)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 42-45



Tom, seorang pemilik usaha, merasa ada yang spesial dalam diri Jim, sekuriti yang bekerja di perusahaannya. Tom lantas mencoba menawarinya bekerja sebagai staf kantor dengan terlebih dahulu mengikuti pelatihan untuk membekali Jim. Awalnya, Jim menolak karena merasa tidak mampu, tetapi Tom terus mendorongnya sehingga akhirnya Jim menerima tawaran itu. Insting Tom yang berpadu dengan keputusan Jim rupanya tak salah. Bermula dari tawaran itu, kelak Jim dipercaya memimpin tiga ratus orang dan bertanggung jawab mengelola mal.

Hari itu, Yitro melihat betapa tidak efektifnya cara Musa memimpin bangsa Israel, yang jika diteruskan akan sangat melelahkan dirinya. Yitro lantas menasihati agar menantunya mencari orang-orang yang dapat diangkatnya menjadi pemimpin atas kelompok kecil dan besar yang akan dibentuk. Beberapa kriteria lantas diberikan, yang dapat membantu Musa sebelum menetapkan pilihan atas para pemimpin kelompok yang tak hanya meringankan tugasnya dalam memimpin umat pilihan Allah. Musa pun dapat lebih fokus pada perkara-perkara yang sukar, juga berkonsentrasi dalam mencari tahu pimpinan Allah atas mereka.

Memilih sosok yang kelak dipersiapkan menjadi pemimpin bukanlah perkara mudah. Kita tentu tidak akan sembarangan meminta orang yang lewat agar bersedia menjadi pemimpin di perusahaan atau gereja, bukan? Selain kriteria tertentu yang menjadi pertimbangan, kita juga perlu berdoa memohon agar Tuhan menolong kita sebelum memilih, sehingga kelak orang yang terpilih benar-benar orang yang tepat.

—GHJ/www.renunganharian.net


KEJELIAN DALAM MEMILIH CALON PEMIMPIN
KELAK AKAN MENDATANGKAN RASA SYUKUR


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.