PENDORONG SEMANGAT

1 2 3 4 5 Rating 4.34 (47 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KOLOSE 2:6-15

Dengan menghapuskan surat utang yang mendakwa kita dengan ketentuan-ketentuan hukum. Itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib. (Kolose 2:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Pengkhotbah 9-12



Seorang pria tampak selalu bersemangat saat bekerja. Rekannya penasaran, lalu bertanya apa rahasianya. "Tagihan," jawabnya sambil tertawa. Pria itu mengatakan setiap pagi ia melihat tumpukan tagihan yang diletakkan istrinya di meja ruang makan. "Kalau sudah lihat tagihan, mau tidak mau aku giat bekerja," katanya.

Tagihan (utang) memang dapat mendorong semangat kita bekerja. Mau tidak mau kita giat agar semua tagihan terlunaskan. Menarik, hal sebaliknya mendorong semangat bekerja di ladang Tuhan (melayani). Kita melayani bukan karena banyak utang, tetapi karena telah dibebaskan dari banyaknya utang. Faktanya, dosa membuat kita berutang amat banyak. Tak sanggup kita melunasi semuanya. Sebab, tidak sanggup membayar utang, sudah seharusnya kita diganjar. Maut ialah ganjaran kita (Rm. 6:23). Teramat besar kasih Allah kepada kita. Dia mengaruniakan Yesus, Anak-Nya yang tunggal untuk turun ke dunia, mati di kayu salib. Darah Yesus membayar lunas semua utang dosa kita. Kita mendapat pengampunan atas seluruh pelanggaran kita (ay. 13). Segala surat utang yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib (ay. 14).

Pembebasan utang dosa meluapkan ungkapan syukur dari dalam hati. Terlepas sudah diri kita dari hukuman maut. Tiada yang lebih menggembirakan selain mengetahui kenyataan bahwa kita telah menerima kasih karunia Allah. Tanpa kita sadari ungkapan syukur mendorong semangat kita untuk melayani. Ya, itulah mengapa kita terlihat giat saat bekerja di ladang Tuhan. Seperti Paulus, kita katakan, "Jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah" (Flp. 1:22).

—LIN/www.renunganharian.net


GAIRAH UNTUK MELAYANI TUHAN BERKOBAR-KOBAR KARENA KESADARAN
BAHWA DIRI KITA TELAH DIBEBASKAN DARI BANYAKNYA UTANG DOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.