MENGASIHI MUSUH

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (54 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 SAMUEL 9

Kata Daud kepadanya, "Janganlah takut, sebab aku tentu akan menunjukkan kasih setiaku kepadamu demi ayahmu Yonatan. Aku akan mengembalikan kepadamu seluruh ladang kakekmu Saul, dan engkau akan makan sehidangan dengan aku senantiasa." (2 Samuel 9:7)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 133-139



Sebuah kebiasaan yang berlaku pada zaman Daud, seorang raja yang menang harus membunuh seluruh anggota keluarga raja yang dikalahkannya. Sebab, mereka adalah ancaman. Bukankah tidak tertutup kemungkinan mereka memberontak sewaktu-waktu? Saul pun berlaku demikian terhadap Daud. Sebab, Saul merasa keberadaan Daud merupakan sebuah ancaman baginya.

Apa balasan yang Daud lakukan sepeninggal Saul? Alih-alih menghabisi keturunan Saul, Daud justru mencari keturunan Saul yang masih tersisa untuk menunjukkan kasihnya. Padahal, seandainya Daud mau, ia bisa dengan mudah menghabisi Mefiboset yang cacat itu. Namun, Daud lebih memilih menunjukkan kasihnya, demi janjinya kepada Yonatan, ayah Mefiboset yang adalah sahabatnya. Daud memperlakukan Mefiboset layaknya putra sendiri. Mefiboset akan tetap makan sehidangan dengan Daud dan juga mendapatkan kembali seluruh ladang yang pernah menjadi milik Saul.

Kasih Daud kepada Mefiboset menjadi gambaran kasih Allah kepada kita. Bukankah kita oleh karena dosa sesungguhnya telah menjadi seteru Allah? Apa yang sepantasnya kita dapatkan? Bukankah penghukuman-Nya? Meski demikian karena begitu besar kasih Allah kepada umat-Nya, Dia sendiri hadir dalam rupa manusia Yesus demi mengangkat kita dari kubangan dosa. Bahkan kita diberi hak menjadi ahli waris kerajaan surga. Adakah kita menanggapi karya luar biasa ini dengan berani mengambil sikap seperti Daud? Menjadi saksi kemurahan kasih Allah dengan mengasihi sesama, termasuk mereka yang notabene adalah musuh kita.

—EBL/www.renunganharian.net


KEMENANGAN SEORANG KRISTIANI ADALAH KETIKA MEREKA MAMPU
MENGUASAI DIRI DAN MENGALAHKAN KEBENCIAN DI DALAM HATI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.