TERHINA

1 2 3 4 5 Rating 3.81 (134 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 20:20-28

"Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:28)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 9-11



Banyak orang memiliki prinsip “pantang dihina”. Mereka umumnya memiliki pengalaman menyakitkan karena terhina secara ekonomi, sosial, atau fisik. Sebagian orang lalu berupaya sekeras-kerasnya untuk mendaki tangga sosial agar dapat naik ke kelas yang lebih tinggi dan terhormat. Namun, prinsip itu menjadikan mereka pribadi yang mudah tersinggung.

Pada zaman Yesus, para murid-Nya turut mengalami kenaikan kelas sosial secara tidak terduga. Yesus sedemikian populer, dikagumi, dan dipuja banyak orang. Murid-Nya pun ikut menjadi tenar. Dengan kuasa mukjizat Yesus, tentu dengan mudah Ia dapat menumbangkan setiap musuh-Nya. Tampaknya tak lama lagi Yesus akan menjadi pahlawan Yahudi dengan mematahkan penjajahan Romawi. Itu sebabnya ibunda Yakobus dan Yohanes memohon agar Yesus mendudukkan anak-anaknya di takhta mulia-Nya kelak. Di luar dugaan, Yesus mengemukakan prinsip untuk menjadi mulia, namun berkebalikan secara total dengan imajinasi para murid.

Tak lama setelah peristiwa itu, Yesus menerima penghinaan yang paling keji. Ia difitnah, ditampar, diludahi, dicambuk dan ditancapkan mahkota berduri, dipaksa memikul kayu salib, ditelanjangi, serta dibunuh dengan cara yang sama dengan hukuman yang ditimpakan ke atas para penjahat besar. Tetapi Yesus menjalani semuanya itu dengan rela. Tanpa penolakan, apalagi ketersinggungan. Itu karena Dia menjadikan diri-Nya pelayan bagi semua orang. Cawan pahit kehinaan selaku pengikut Kristus itu pula yang harus diminum oleh setiap orang yang percaya.

—HEM/www.renunganharian.net


KITA HARUS BERSABAR DAN BERSIKAP MENGAMPUNI KETIKA DIHINA
KARENA KITA ADALAH PENGIKUT YESUS KRISTUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.