MENGARAHKAN KEPADA ALLAH

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ULANGAN 9:4-5

Janganlah engkau berkata dalam hatimu, apabila Tuhan, Allahmu, telah mengusir mereka dari hadapanmu: Karena kebenarankulah Tuhan membawa aku masuk menduduki negeri ini; padahal karena kefasikan bangsa-bangsa itulah Tuhan menghalau mereka dari hadapanmu. (Ulangan 9:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 11-13



Ketika kita dapat mencapai suatu prestasi tertentu, maka kita akan merasakan suatu kebanggaan tersendiri. Tetapi alangkah baiknya apabila kita tidak terlena dalam kebanggaan, dan tetap waspada. Karena sering kali kebahagiaan yang berlebihan atas sebuah prestasi itu mengaburkan diri kita, sehingga dapat membuat kita angkuh dan lupa akan siapa diri kita.

Ketika akan memasuki Kanaan, Musa memperingatkan bangsa Israel untuk tidak membanggakan diri mereka bahwa oleh karena jasa dan kebenaran hati merekalah maka mereka dapat menduduki Kanaan. Apabila mereka berbuat demikian maka sama saja dengan membuat fasik diri mereka sendiri. Dalam kefasikan itu, mereka akan menghitung semua kebaikan yang telah mereka lakukan, meminta penghargaan atas kebaikan mereka, sehingga menjadi angkuh karena merasa telah berbuat banyak hal. Kefasikan itulah yang tidak disukai oleh Allah, dan Allah sendirilah yang menghalau bangsa-bangsa yang menduduki Kanaan karena kefasikan mereka. Artinya, perbuatan baik haruslah dilakukan atas dasar kebaikan itu sendiri, juga atas dasar ketaatan kepada Allah. Dengan dasar itulah maka Allah akan memberikan berkat-Nya dengan menepati janji-Nya.

Hanya karena Allah sajalah maka kita mampu mencapai sesuatu, dan kepada Allah sajalah kita mengarahkan hidup kita. Oleh karena itu, maka kita harus melakukan segala sesuatu dengan ketulusan hati, sebagai wujud ketaatan kita kepada Allah.

—ZDP/www.renunganharian.net


BERBUAT BAIKLAH KARENA KEBAIKAN ITU SENDIRI,
BUKAN DEMI KEHORMATAN DIRI SENDIRI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.