TIDAK MENCARI UNTUNG

1 2 3 4 5 Rating 4.00 (49 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: NEHEMIA 5:14-19

... selama dua belas tahun, aku dan saudara-saudaraku tidak pernah mengambil bahan makanan yang menjadi hak bupati. (Nehemia 5:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 38-40



Memperhatikan dunia saat ini yang begitu mengagung-agungkan materi, tidaklah aneh bahwa segala sesuatu dilakukan atas dasar apakah itu menguntungkan bagiku? Keuntungan tambahan apa yang bisa aku dapatkan dari pekerjaanku? Tidak sedikit pemimpin-pemimpin yang tertangkap karena mengambil keuntungan dari jabatan yang dimiliki. Bahkan, seseorang yang awalnya terlihat baik pun menjadi tidak setia dan akhirnya juga mencari keuntungan bagi dirinya sendiri.

Ketika Nehemia menerima panggilan untuk membangun tembok Yerusalem, ia memahami bahwa Allah akan memelihara hidupnya dalam mengerjakan panggilan itu. Segala hal dilakukannya dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab sampai selesainya tembok dengan baik dalam waktu lima puluh dua hari. Ketika akhirnya Nehemia dipanggil untuk menjadi pemimpin di tanah Yehuda, selama dua belas tahun, ia tetap konsisten bahwa jabatan itu dari Tuhan dan merupakan pelayanan bagi Tuhan. Ia bahkan tidak mengambil bagian yang menjadi haknya sebagai pemimpin (ay. 14). Nehemia tidak menggantungkan hidupnya atas keuntungan-keuntungan yang sebenarnya bisa ia peroleh sebagai pemimpin karena ia takut akan Allah (ay. 15). Kesejahteraannya adalah karena pemeliharaan Allah.

Memperkaya dan mencari keuntungan sendiri tentulah sering menggoda kehidupan kita, sekalipun kita bukan seorang pemimpin. Jika kita terlena, kita bisa saja melakukannya, bahkan juga dalam pelayanan kita. Marilah kita belajar seperti Nehemia yang setia, di mana hidup dan panggilannya terus-menerus didasarkan pada takut akan Allah, itulah yang akan menolong kita bertahan.

—ANT/www.renunganharian.net


ADALAH SUKACITA KETIKA KITA TIDAK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN
SEKALIPUN KARENA TAKUT AKAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.