BAHAGIA DALAM PENCOBAAN?

1 2 3 4 5 Rating 4.00 (47 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YAKOBUS 1:2-8

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai pencobaan. (Yakobus 1:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 32-34



Seorang mahasiswa telah belajar sebaik-baiknya dan jujur dalam mengerjakan ujian, tetapi hasilnya jauh dari memuaskan. Seorang karyawan sudah bekerja dengan jujur dan sebaik-baiknya, tetapi mengalami fitnah, sehingga mendapatkan hukuman. Orang tua sudah berusaha menjaga anak-anaknya, tetapi anak-anaknya mengalami perundungan. Bukankah semua kejadian itu merupakan pencobaan yang jauh dari membahagiakan?

Ketika kita mengimani bahwa Tuhan adalah baik, maka pencobaan apa pun yang Dia ijinkan terjadi pada kita, yang bukan karena kesalahan kita, adalah sesuatu yang baik. Dia pasti mempunyai tujuan yang baik, sekalipun kita belum bisa mengerti. Pemahaman itulah yang membuat Yakobus menulis supaya kita menganggap suatu kebahagiaan apabila kita jatuh dalam berbagai pencobaan. Di dalam Tuhan, pencobaan seperti: kesulitan hidup, sakit penyakit, penderitaan, korban kejahatan, dan lainnya merupakan ujian iman yang menghasilkan ketekunan dan pada akhirnya membentuk kita semakin serupa dengan Kristus. Tetapi, memang dalam menghadapi pencobaan tentulah tidak mudah, sering kali kita tidak tahu harus bagaimana. Yakobus mendorong untuk kita meminta hikmat Tuhan (ay. 5), sehingga kita dapat menemukan jalan keluar yang Tuhan berikan.

Ada banyak hal di luar kendali kita, termasuk pencobaan, tetapi sesungguhnya tidak ada satu hal pun di luar kendali Tuhan. Dalam pencobaan, marilah kita bersabar, bertahan, dan memercayai jalan-jalan-Nya sehingga kita tidak jatuh dalam dosa. Ingatlah bahwa Yesus juga telah mengalami pencobaan, tetapi Dia tidak berbuat dosa.

—ANT/www.renunganharian.net


MENGALAMI PENCOBAAN ADALAH
SALAH SATU KEBAHAGIAAN DI DALAM TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.