PERMINTAAN YANG SULIT

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: FILEMON 1:8–22

Kalau engkau menganggap aku saudaramu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri. (Filemon 1:17)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 14–16



Filemon adalah orang Kristiani kaya dan berpengaruh di kota Kolose. Ia mengenal Kristus melalui pelayanan Rasul Paulus. Di rumahnyalah persekutuan jemaat berkumpul. Kemudian seorang budaknya yang bernama Onesimus melarikan diri dengan mencuri harta tuannya. Tapi Onesimus tertangkap dan dipenjara. Di sanalah ia bertemu dengan Paulus yang juga dipenjarakan karena memberitakan Injil. Berkat pelayanan Paulus, Onesimus percaya kepada Kristus dan hidupnya berubah, sehingga Paulus sendiri menganggapnya sebagai anak. Onesimus pun membantu serta melayani Paulus selama di penjara.

Lalu Paulus mengirim surat kepada Filemon, agar ia berkenan menerima Onesimus kembali. Menerimanya sebagai saudara, bukan sebagai budak. Paulus menjadikan dirinya penjamin atas perubahan hidup Onesimus. Bahkan soal perhitungan kerugian finansial, Paulus bersedia menggantinya, jika Filemon menginginkannya. Jika kita berada di posisi Filemon, apa yang akan kita lakukan?

Alkitab tidak menyebutkan secara gamblang soal bagaimana tanggapan Filemon. Namun dari Kolose 4:9, kita tahu bahwa nantinya Onesimus menjadi rekan pelayanan Paulus dan menyebutnya “saudara seiman kita yang setia dan terkasih”. Berarti, Filemon menerima permintaan sulit yang disampaikan oleh Rasul Paulus. Ia mengampuni serta menerima Onesimus. Statusnya sebagai budak dilepaskan dan ia dimerdekakan. Kebesaran hati Filemon ini turut mengubah hidup Onesimus. Memang, dibutuhkan pengorbanan, kerelaan mengampuni, keluasan hati untuk memberi kesempatan kepada orang-orang yang gagal. Itulah juga makna Injil. Kiranya kita menghidupinya.

—HT/www.renunganharian.net


KESEMPATAN YANG KITA BERIKAN KEPADA MEREKA YANG PERNAH GAGAL, DAPAT
MENGANTARKAN MEREKA PADA HIDUP BARU YANG BERDAMPAK SECARA KEKAL


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.