MENGENALI SANG RAJA

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 2:1–12

Mereka masuk ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. (Matius 2:11a)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 6–8



Ketika melihat bintang Kristus, orang-orang Majus melihat sesuatu yang istimewa—tanda kelahiran seorang Raja. Kemungkinan mereka telah membaca nubuatan mengenai kelahiran Dia yang dirindukan oleh segala bangsa. Semula mereka mencarinya di istana, tempat yang lumrah untuk mencari raja yang baru lahir. Nyatanya, tidak ada bayi raja yang lahir di istana saat itu. Ketika akhirnya mereka menemukan bayi Yesus hanya di sebuah rumah biasa, dari orang tua yang rakyat jelata, hal itu tidak menggoyahkan keyakinan mereka. Mereka bersukacita dan menyembah Dia.

Betapa berbeda dengan respons penduduk Yerusalem. Sudah sekitar dua tahun Yesus berada di tengah mereka. Yang menyambut Dia hanya para gembala, kemudian Simeon dan Hana. Berita kelahiran Yesus tidak bergaung lebih luas. Dan, ketika Herodes dan penduduk Yerusalem mendengar pencarian orang Majus, bukannya bersukacita, mereka malah terkejut. Toh hanya Herodes yang bereaksi keras atas berita itu. Merasa terancam oleh kehadiran bayi raja ini, ia pura-pura mencari tahu dan menyatakan ingin menyembah-Nya, padahal ia justru hendak membunuh-Nya!

Apakah kehadiran Yesus sungguh-sungguh mendatangkan sukacita bagi kita? Ataukah kita merasakan kehadiran-Nya sebagai gangguan, atau bahkan ancaman, bagi kehidupan kita? Apakah kita condong memprioritaskan Dia, atau malah berusaha menyingkirkan Dia di tengah kepadatan jadwal kita? Apakah kita mengenali dan mengakui Dia sebagai raja atas hidup kita?

—ARS/www.renunganharian.net


BAGI ORANG-ORANG YANG MENYEMBAH-NYA,
YESUS SANG RAJA MEMBANGKITKAN SUKACITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.