MERESPONS SIKAP SINIS

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 1:43–51

Kata Natanael kepadanya, "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" (Yohanes 1:46)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ibrani 11–13



Segera sesudah Yesus memanggilnya menjadi pengikut-Nya, Filipus menyaksikan imannya kepada Natanael. Filipus memproklamirkan bahwa ia telah bertemu dengan Mesias yang dinubuatkan oleh Musa dan para nabi, yakni Yesus, orang Nazaret. Mendengar itu, Natanael melontarkan pertanyaan sinis yang menunjukkan ketidakpercayaan. Sikap ini sebenarnya muncul dari pengetahuannya yang baik terhadap Kitab Suci. Bahwa Mesias tidak berasal dari Nazaret. Tidak pernah ada nubuatan para nabi mengenai tempat itu (bdk. Yoh. 7:52). Lagi pula, Nazaret adalah satu kota di Galilea yang ditinggali oleh bangsa-bangsa yang tak mengenal Tuhan. Sebagai Israel sejati, Natanael tahu bahwa Mesias akan datang dari tanah Yehuda, dari keturunan Daud.

Menariknya, Filipus tidak berusaha mendebat atau menjelaskan panjang lebar. Ia hanya menantang dan mengajak Natanael untuk menyaksikannya sendiri. Setelah bertemu Yesus, Natanael berubah. Dengan berani, ia mendeklarasikan bahwa Yesus adalah Anak Allah, Raja orang Israel. Ia pun tahu bahwa sekalipun Yesus berasal dari Nazaret, tetapi Dia adalah keturunan Daud yang lahir di Betlehem, tanah Yudea. Natanael pun menjadi pengikut Yesus yang setia (bdk. Yoh. 21:2).

Banyak orang bersikap sinis dan mempertanyakan berbagai hal tentang iman kita di dalam Kristus. Hendaknya kita tidak menanggapi secara negatif. Mereka perlu diberi ruang untuk belajar dan mengamati secara objektif, lalu menyimpulkan apa yang benar. Ketika mereka memiliki pengenalan yang lebih intim dengan Yesus, sikap sinis itu bisa berubah menjadi iman yang teguh, lalu mengikuti Dia dengan setia.

—HT/www.renunganharian.net


KETIKA ORANG-ORANG YANG SINIS MENEMUKAN KEBENARAN KRISTUS,
MEREKA DAPAT MENJADI PENGIKUT-NYA YANG TEGUH DAN BERHATI TULUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.