MENGHADAPI PENENTANGAN

1 2 3 4 5 Rating 3.98 (40 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: BILANGAN 16:1–35

"Sungguh, engkau tidak membawa kami ke negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ataupun memberikan kepada kami ladang-ladang dan kebun-kebun anggur sebagai milik pusaka. Masakan engkau dapat mengelabui mata orang-orang ini? Kami tidak mau datang." (Bilangan 16:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 11–13



Salah satu tantangan bagi pemimpin ialah ketika otoritasnya dipertanyakan, bukan hanya oleh mereka yang dipimpinnya, melainkan juga oleh rekan pemimpin lainnya. Wibawanya dirongrong, perintahnya sengaja dilanggar, dan itu ditunjukkan di depan umum. Bagaimana jika kita berada dalam posisi itu?

Korah, seorang Lewi mengajak 250 pemimpin terkemuka bersamanya untuk menentang Musa. Mereka menuduh Musa sendirilah yang meninggi-ninggikan dirinya atas mereka. Mereka tidak mengakui bahwa Musa adalah pemimpin pilihan Tuhan. Artinya, mereka menuduh Musa, bahkan Tuhan sendiri, sebagai pendusta. Mereka juga tidak percaya terhadap janji-janji Allah, termasuk mengenai hidup berkelimpahan di Tanah Perjanjian.

Lalu, apa tanggapan Musa? Ia bersujud, menundukkan wajahnya ke tanah, menunjukkan kesedihannya. Ia menjelaskan bahwa Allah sendiri yang memberi mereka tanggung jawab yang berbeda. Orang-orang Lewi bahkan diberi keistimewaan untuk melayani di Kemah Suci. Lalu Musa memanggil mereka untuk bersama-sama mendengarkan ketetapan Tuhan, tetapi lagi-lagi mereka menolak. Jelaslah bahwa sebenarnya Tuhan sendirilah yang mereka tentang. Akibatnya, mereka ditimpa penghukuman mengerikan dari Allah.

Seperti Musa, kita hendaknya membawa setiap penentangan yang kita hadapi kepada Tuhan, serta memastikan bahwa kita berjalan sesuai kehendak-Nya. Tidak perlu reaktif dan bertindak emosional. Namun kita tetap berupaya menyelesaikannya dengan baik. Jika penentangan itu sebenarnya karena ketidaksediaan mereka menaati Tuhan, maka Tuhan sendiri yang akan beperkara dengan mereka.

—HT/www.renunganharian.net


KITA TIDAK PERLU BERKECIL HATI BERHADAPAN DENGAN PARA PENENTANG,
ASALKAN KITA MELANGKAH DALAM KETAATAN DI JALAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.