CAKAP

1 2 3 4 5 Rating 3.55 (167 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 22:17–29

Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina. (Amsal 22:29)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 6–8



Memiliki kecakapan adalah hal yang sangat berharga. Misalnya, terampil bernyanyi, memasak, memainkan alat musik, menulis, berbicara dalam bahasa asing, dan lain-lain. Cakap, bersinonim dengan "mahir", artinya, sangat terlatih, pandai dan terampil dalam mengerjakan sesuatu. Ia juga dapat disebut sebagai ahli. Lalu bagaimana agar seseorang menjadi cakap? Kemampuan ini tentunya tidak datang begitu saja, melainkan merupakan buah dari ketekunan belajar serta rajin berlatih. Tidak setengah-setengah ketika mempelajari atau mengerjakan sesuatu. Bukan asal jadi, ala kadarnya atau hanya sebisanya saja. Tetapi dengan melakukan yang terbaik, yakni dengan mengasah dan mengembangkan segenap potensi diri yang kita miliki.

Sikap inilah yang diharapkan penulis Amsal ini untuk dimiliki oleh setiap umat Tuhan. Ketika kita memiliki kecakapan dalam melakukan pekerjaan kita, maka kita akan beroleh imbalan yang baik. Orang-orang yang terampil dapat memperoleh penghasilan atau materi melaluinya. Bahkan kita bisa saja akan beroleh kesempatan untuk berdiri di hadapan para pembesar atau para pemimpin, karena mereka juga mengagumi serta menghargai kecakapan yang kita miliki.

Satu hal yang dapat memotivasi kita untuk senantiasa melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan kita ialah dengan mendedikasikannya bagi Tuhan. Apa pun yang kita kerjakan, anggaplah kita melakukannya buat Tuhan, bukan untuk manusia (Kol. 3:23). Hendaknya kita melakukannya dengan kualitas terbaik. Maka kita bukan hanya akan mendapat penghargaan dari manusia, melainkan juga dari Allah sendiri.

—HT/www.renunganharian.net


SELALU BERUSAHA MELAKUKAN YANG TERBAIK ADALAH CARA KITA
MEMULIAKAN TUHAN MELALUI PEKERJAAN KITA SETIAP HARI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.