TEGURAN PAULUS

1 2 3 4 5 Rating 4.03 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 KORINTUS 11:7–15

Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, supaya aku dapat melayani kamu! (2 Korintus 11:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 37–39



Paulus tinggal di kota Korintus selama 18 bulan untuk memberitakan Injil (Kis. 18:11). Selama itu, ia juga bekerja keras sebagai pembuat tenda, supaya ia tidak membebani jemaat. Beberapa tahun kemudian, sekelompok jemaat malah menuduh Paulus sebagai rasul palsu, yang melakukan pelayanannya dengan motif-motif jahat. Maka Paulus menuliskan surat ini untuk menegur mereka.

Paulus mengingatkan bahwa ia melayani mereka tanpa upah, sekalipun ia sebenarnya berhak untuk itu. Selain menghasilkan uang dengan tangannya sendiri, Paulus juga mendapat dukungan dana dari orang-orang Kristen di Makedonia. Uang itulah yang digunakannya untuk melayani orang-orang Korintus. Dengan nada keras, Paulus mengatakan bahwa ia telah merampok jemaat-jemaat dari kota lain dengan menerima tunjangan dari mereka demi melayani jemaat Korintus. Mengetahui hal ini, seharusnya jemaat Korintus bersyukur atas pelayanan Paulus, bukan malah memfitnah dan mendukakan hatinya.

Pernyataan Rasul Paulus ini juga hendaknya menegur kita. Kita telah menerima berbagai macam pelayanan yang baik dari banyak orang, di mana kontribusi kita untuk itu sangatlah kecil, atau bahkan tidak ada sama sekali. Semua itu dimungkinkan karena ada orang-orang yang telah berkorban atau mempersembahkan milik mereka, agar banyak orang mengenal Tuhan dan diberkati oleh-Nya. Maka selayaknyalah kita menghormati orang-orang yang melayani Tuhan, serta berterima kasih kepada mereka. Ini juga pengingat agar kita setia mendukung para pelayan Tuhan, agar semakin banyak orang yang mengalami kasih-Nya.

—HT/www.renunganharian.net


KIRANYA KONTRIBUSI DAN PELAYANAN KITA JUGA MENOLONG BANYAK ORANG
BERTUMBUH DALAM PENGENALAN YANG BENAR AKAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.