SAAT MAKAN BERSAMA

1 2 3 4 5 Rating 4.31 (52 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 KORINTUS 11:17–34

Karena itu, Saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, hendaklah kamu saling menunggu. (1 Korintus 11:33)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 34–36



Salah satu acara yang dapat mengeratkan persekutuan adalah dengan makan bersama. Sebagian orang menyebutnya sebagai "perjamuan kasih". Dalam acara ini, orang-orang dapat berpartisipasi dengan berbagi berkat yakni menyediakan makanan tertentu untuk dinikmati bersama-sama. Ini juga menjadi kesempatan untuk saling melayani, serta saling memperhatikan kepentingan orang lain.

Namun jika tidak dilakukan dengan benar, acara makan bersama justru dapat menjadi ajang perpecahan, ajang menyombongkan diri serta kesempatan memuaskan sifat egois dan keserakahan seseorang. Begitulah yang terjadi di jemaat Korintus. Masing-masing menyantap makanannya tanpa memikirkan orang lain. Akibatnya, sebagian kekenyangan, sementara yang lain kelaparan (ay. 21). Mereka juga seolah hendak mempermalukan orang-orang miskin yang tidak dapat membawa sesuatu (ay. 22). Perkumpulan mereka malahan menjadi sesuatu yang mendatangkan keburukan (ay. 17).

Ternyata melalui acara makan bersama, kita dapat menerapkan begitu banyak prinsip pengajaran Kristus di dalamnya: memikirkan kepentingan orang lain, belajar menahan diri, rela melayani sesama, menghormati orang lain, menjaga jangan sampai ada anggota yang dipermalukan, dan lain-lain. Salah satu tip yang disarankan Paulus adalah agar seseorang makan terlebih dahulu di rumahnya sebelum menghadiri acara makan bersama (ay. 34). Karena tujuan utama makan bersama bukanlah untuk memuaskan nafsu makan hingga perut kenyang, melainkan untuk membangun persekutuan bersama, agar masing-masing anggota mengalami kebaikan Tuhan melalui kehadiran kita.

—HT/www.renunganharian.net


BAHKAN HAL-HAL YANG BAIK DAPAT MENDATANGKAN KEBURUKAN
JIKA KITA MELAKUKANNYA TIDAK BERDASARKAN TUNTUNAN FIRMAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.