SEDANG DALAM PERBAIKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.23 (43 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KELUARAN 31:12–17

“Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.” (Keluaran 31:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 4–6



Anton terburu-buru hendak naik lift. Ternyata lift rusak, di sebelahnya terpasang pengumuman, “Maaf atas ketidaknyamanan Anda, live sedang dalam perbaikan.” Alih-alih kesal, Anton tersenyum geli. Meskipun si penulis pengumuman salah ketik, pesannya tetap berlaku. Bukan hanya lift yang bisa rusak dan perlu diperbaiki, hidup kita juga perlu perawatan rutin.

Itulah sebabnya Tuhan menetapkan hari Sabat. Dalam perjanjian Lama, bangsa Israel diperintahkan untuk menguduskan hari Sabat dan mendedikasikan seluruh hari itu kepada Allah. Setiap hari ketujuh mereka tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan apa pun dan barang siapa melanggarnya akan menanggung hukuman mati (ay. 14).

Dalam perjanjian Baru, kita tidak menjalankan Sabat sebagai ritual atau kewajiban agama yang mengandung ancaman hukuman. Kita merayakannya sebagai buah persekutuan yang tidak terputus dengan Yesus Kristus, Sang Pemberi Kelegaan (Mat. 11:28).

Sabat menjadi kesempatan istimewa untuk beristirahat, berekreasi, meremajakan kembali kondisi mental, memperbarui kerohanian, dan melayani sesama. Melalui Sabat, kita merawat, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas hidup. Dan, bukan lagi seminggu sekali, kita dapat melakukannya dari waktu ke waktu!

Kita dapat merayakan Sabat dengan beragam cara: bersaat teduh, menyimak khotbah yang menguatkan, bernyanyi, menonton film inspiratif, mengampuni kesalahan orang lain, menata pola makan, berolahraga secara terukur, dan sebagainya. Rawatlah hidup yang berharga ini!

—ARS/www.renunganharian.net


MERAYAKAN SABAT TIDAK BAKAL MENYEBABKAN KEBOSANAN,
TETAPI MALAH MENDATANGKAN KELEGAAN DAN KESEGARAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.