MENANTIKAN MAKSUD TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.20 (49 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 88

Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang aku, Kausembunyikan wajah-Mu dari padaku? (Mazmur 88:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 1–3



Meski sudah memproses pengalaman pahit masa lalu, adakalanya luka dari pengalaman itu hadir seperti sambaran petir. Ada masa-masa tidak terduga yang kembali membuat saya kesakitan dan tidak mengerti makna penderitaan tersebut, seakan-akan Tuhan meninggalkan saya. Apakah Anda pernah memiliki pengalaman serupa dengan kondisi tersebut? Lalu dalam hati dapat timbul pertanyaan, apakah Tuhan sengaja membuat saya menderita?

Mazmur 88, nyanyian pengajaran Heman, orang Ezrahi, dapat dikatakan sebagai salah satu Mazmur dengan nuansa kesedihan yang kelam. Penderitaan yang tidak tahu kapan berakhir dan jiwa yang sudah kenyang dengan malapetaka (ay. 4). Putus asa yang kuat ini disamakan dengan dunia orang mati yang terputus dari kuasa Tuhan (ay. 6). Ungkapan kejujuran perasaan karena merasa Tuhan sedang meninggalkan serta menjauhkan sahabat dan teman (ay. 19). Semua tampak gelap karena kesengsaraan yang tidak ada habisnya. Namun, pemazmur tetap tahu bahwa Tuhan tidak berubah dalam kasih dan kesetiaan-Nya yang teguh, terlepas dari rasa sakit yang belum berakhir (ay. 12–13).

Kepahitan terhadap Allah dapat muncul manakala kita tidak mengerti jalan-jalan penderitaan yang kita alami. Rasa terluka timbul karena merasa Tuhan meninggalkan. Di mana Tuhan saat kita menderita dengan hebat? Mazmur ini berakhir tanpa jawaban dari Tuhan. Seruan-seruan kesesakan yang belum dijawab Tuhan. Hai jiwa yang sedang merana, di tengah penderitaan yang tidak kelihatan ujungnya, tenangkan diri dan nantikanlah Tuhan bersuara! Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu (ay. 14).

—MRD/www.renunganharian.net


MENGALAMI PENDERITAAN MERUPAKAN UJIAN HEBAT,
MENANTIKAN MAKSUD TUHAN MERUPAKAN UJIAN PALING HEBAT


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.