BERUBAH

1 2 3 4 5 Rating 3.82 (136 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 31:1–9

Lalu ia berkata kepada mereka: “Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku.” (Kejadian 31:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yesaya 38–42



Bagi Yakub, Laban adalah seorang pelindung, penjaga serta penyelamatnya pada awal pelariannya. Laban memberinya tumpangan, pekerjaan serta jaminan masa depan. Namun beberapa waktu kemudian, situasi berubah. Laban mulai menganggapnya sebagai aset untuk dieksploitasi. Lama-kelamaan, ia dianggap sebagai ancaman yang dapat merebut semua kekayaan Laban. Yakub pun menghadapi berbagai tipuan serta kecurangan dari sang mertua. Puncaknya, 20 tahun kemudian, Yakub memutuskan untuk melarikan diri dari Laban, dengan membawa keluarga serta harta miliknya.

Manusia bisa berubah, bahkan dalam sekejap. Yang tadinya menyambut kita dengan sukacita, bisa menjadi orang yang paling membenci kehadiran kita. Yang tadinya paling mendukung, bisa menjadi penentang utama kita. Yang tadinya bersikap ramah dan murah hati, bisa menjadi ketus dan suka mengungkit pemberiannya. Ini terjadi tidak selalu karena kita melakukan kesalahan. Sebaliknya, bisa saja karena kita memiliki kualitas hidup yang lebih baik, sehingga kehadiran kita membuatnya merasa tersisih.

Ini berarti bahwa kita tidak seharusnya bersandar pada manusia, karena sikap setiap orang dapat berubah sewaktu-waktu. Syukurlah Yakub menyadari hal itu, sehingga ia tidak menggantungkan hidupnya kepada sang mertua. Sebaliknya, ia berserah kepada penyertaan Allah. Dialah yang membuat segala usaha Yakub berhasil, bahkan melampaui kekayaan sang mertua. Dialah Allah yang berjanji untuk selalu menyertai, melindungi, memelihara serta memberkati kita. Dia tidak pernah berubah. Kita dapat memegang janji-Nya serta sepenuhnya menyandarkan hidup kita kepada-Nya.

—HT/www.renunganharian.net


DI TENGAH ARUS DUNIA YANG SENANTIASA BERUBAH-UBAH,
KITA BERSYUKUR MEMILIKI ALLAH YANG SETIA DAN TIDAK PERNAH BERUBAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.