PEKERJA PERBAIKAN REL KERETA API

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (36 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 20:1–16

“Ketika hari malam pemilik kebun itu berkata kepada mandornya: Panggillah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk pertama.” (Matius 20:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
Pengkhotbah 9–12



Suatu sore, saya tertegun melihat sekumpulan pekerja yang sedang mengerjakan proyek perbaikan rel kereta api. Ada yang terlihat menyeka keringat setelah mengangkat balok yang menjadi landasan rel, ada yang sedang menuang kerikil dari karung-karung yang sudah disiapkan di sekitar rel, dan ada sekelompok orang yang bekerja sama mengangkat dan menempatkan rel agar terpasang dengan baik. Para pekerja ini berjerih lelah demi kereta api dapat berjalan dengan lancar, tetapi berapa banyak penumpang menyadari jasa dari para pekerja ini?

Dalam dunia kerja, kita kerap mendengar adanya para pekerja “di balik layar” dengan peran krusial, tetapi terkadang kurang mendapat perhatian dan apresiasi. Namun, ada pula fakta lain: pekerja yang sudah bekerja keras di depan mata pun, terkadang juga terlewatkan. Inilah bentuk ketidakadilan yang semestinya mendapatkan perhatian dari para pemimpin, baik di dunia kerja maupun di pelayanan. Yesus mengajarkan pentingnya penghargaan pemimpin kepada para pekerjanya, juga mengajarkan tentang kemurahhatian, yang hendaknya menjadi ciri khas para pemimpin kristiani.

Memperlakukan sesama pekerja, orang-orang yang kita pimpin, atau para pegawai yang kita pekerjakan adalah cerminan yang dapat dilihat dan dirasakan dengan mudah, sekaligus dapat menilai sejauh mana seorang percaya memperlakukan orang lain. Mari belajar dari “tuan yang murah hati” dalam nas renungan hari ini, lalu jadilah murah hati dengan memperhatikan orang-orang di sekitar, terutama mereka yang kita pekerjakan.

—GHJ/www.renunganharian.net


TAK ADA ORANG YANG MENOLAK UNTUK DIHARGAI
ATAU DIAPRESIASI HASIL KERJANYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.