YAKUB MENGHADAPI DUKACITA

1 2 3 4 5 Rating 4.16 (61 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 47:1–12

Jawab Yakub kepada Firaun: “Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing.” (Kejadian 47:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 28–31



Ucapan Yakub dalam konteks ayat kutipan hari ini adalah ketika Yusuf memperkenalkan ayah dan saudara-saudaranya kepada Firaun. Yakub pun menyampaikan doa berkat bagi Firaun. Ia lalu ditanya usianya oleh Firaun. Sangat menarik bahwa Yakub merasa perlu menjelaskan penderitaannya. Ia merasakan pahit getirnya hidup.

Awalnya, Yakub terpaksa melarikan diri dari rumah karena Esau hendak membunuhnya. Ini karena Yakub merampas hak kesulungan dengan tipu daya. Lalu Rahel, istri yang dikasihinya, meninggal ketika melahirkan Benyamin. Saudara-saudara Yusuf juga tidak ada yang beres hidupnya. Yang paling membuat dirinya hancur adalah ketika Yusuf, anak yang dikasihinya, dianggap tewas dimangsa binatang buas. Akibatnya, ia terlalu melindungi Benyamin, adik Yusuf. Kata-kata Yakub ketika anaknya hendak membawa Benyamin menghadap Yusuf sebagai penguasa di Mesir, sebelum Yusuf membuka penyamarannya, mewakili rasa duka Yakub yang berkepanjangan. “Jika anak ini kamu ambil pula dari padaku, dan ia ditimpa kecelakaan, maka tentulah kamu akan menyebabkan aku yang ubanan ini turun ke dunia orang mati karena nasib celaka,” demikian ditirukan Yehuda, anaknya (Kej. 44:29).

Lalu apa yang membuat Yakub bertahan? Imannya! Meskipun ini juga karena berkali-kali Allah menyatakan diri secara langsung untuk menguatkannya. Bagi kita, jika berduka, kita pun perlu mengingat bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Allah menguatkan dan niscaya memimpin kita dari waktu ke waktu melalui berbagai peristiwa.

—HEM/www.renunganharian.net


JIKA BERDUKA, INGATLAH BAHWA ALLAH TIDAK MENINGGALKAN KITA.
IA MENGUATKAN DAN MEMIMPIN HIDUP KITA, DALAM SUKA MAUPUN DUKA.


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.