GILA HORMAT

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (75 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ESTER 5:9–14

... tetapi ketika Haman melihat Mordekhai ada di pintu gerbang istana raja, tidak bangkit dan tidak bergerak menghormati dia, maka sangat panaslah hati Haman kepada Mordekhai. (Ester 5:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 11–14



Mengapa banyak orang ingin mempunyai kekuasaan dan jabatan yang tinggi? Karena mereka berharap bahwa ada penghormatan yang akan mengikuti kekuasaan dan jabatan yang tinggi itu. Dengan penghormatan itu maka mereka merasa berarti dan berhak mendapatkan pelayanan terbaik, senyum termanis, tempat terbaik, bahkan berbagai perlakuan istimewa lainnya.

Haman begitu gembira setelah bersama raja menghadiri undangan perjamuan Ratu Ester, bahkan ia juga diundang lagi pada keesokan harinya. Sebagai yang tertinggi di antara para pembesar dan pegawai raja, apakah yang kurang bagi Haman? Bukankah posisi yang diberikan raja sudah sangat tinggi dan menunjukkan bahwa ia dihormati raja? Tetapi hanya karena melihat Mordekhai, seorang Yahudi, yang tidak bangkit dan memberi penghormatan, hatinya menjadi sangat panas. Bagi Haman segala kekayaan, kebesaran, dan pangkatnya serasa tidak berarti dan harga dirinya hancur karena tindakan Mordekhai. Penghormatan menjadi segala-galanya bagi Haman dan ia ingin, di mana pun, semua orang menghormatinya tanpa kecuali.

Mungkin kita menjumpai orang-orang yang begitu haus penghormatan karena kekuasaan dan jabatan yang dimilikinya. Tetapi sebagai anak Tuhan, hendaklah kekuasaan dan jabatan tidak membuat kita menjadi gila hormat. Kekuasaan dan jabatan adalah berkat Tuhan dan hendaklah digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan maksud dan tujuan Tuhan, entahkah ada yang menghormati ataupun tidak. Marilah kita bersyukur atas setiap kepercayaan yang Tuhan beri dan menggunakan semua itu dengan penuh kasih untuk melayani sesama di mana pun kita berada.

—ANT/www.renunganharian.net


APA ARTINYA PENGHORMATAN MANUSIA BILA KITA
TIDAK BERJALAN SETURUT DENGAN KEHENDAK TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.