JANGAN PAMER

1 2 3 4 5 Rating 4.26 (61 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 6:1–4

"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di surga." (Matius 6:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ayub 34–37



Ketika melihat banyak pemuka agama yang dengan sengaja melakukan kewajiban agama hanya demi dipuji orang, Tuhan Yesus memberi peringatan keras agar hal ini tidak diteladani. Tuhan menegaskan tindakan baik dan rohani yang disertai dengan sikap hati yang tidak benar tidak akan diberkati oleh-Nya.

Sayangnya, hal ini masih terjadi hingga sekarang. Ada orang menyumbang kursi lalu menuntut namanya ditempel di balik kursi. Ada orang menyumbang makanan dan titip pesan kepada pembawa acara agar disampaikan kalau dialah penyumbangnya. Ada yang sengaja berdoa dengan suara keras agar orang lain mendengar. Ada yang memberi persembahan dan berharap namanya terpampang jelas di layar.

Kita memang gampang tergoda untuk membuat tindakan baik kita diketahui oleh orang sekitar. Kita cenderung senang dengan pujian, senang memuaskan ego, senang diakui. Namun ingatlah, diketahui dan dipuji orang adalah bonus. Salah kalau hal itu menjadi motivasi utama dari tindakan kita. Memang benar, kita tidak selalu bisa menyembunyikan tindakan kebaikan kita, tetapi yang Tuhan inginkan adalah kita sadar betul siapa penonton utamanya: orang sekitar atau Tuhan.

Mari, kalau taat kepada Tuhan, jangan suka pamer-pamer. Kalau Tuhan sudah melihat kasih yang kita tunjukkan, bukankah itu lebih dari cukup sekalipun orang lain luput memperhatikannya?

—HTN/www.renunganharian.net


KEDEWASAAN ROHANI TERLIHAT SAAT KITA TIDAK MENGHARAPKAN
DECAK KAGUM MUNCUL UNTUK KEWAJIBAN ROHANI YANG KITA TUNJUKKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.