SERUAN PERTOBATAN ZAKHARIA

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (43 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ZAKHARIA 1:1–6

"Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam." (Zakharia 1:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ayub 1–4



Dalam Alkitab ada banyak orang dipanggil untuk menjadi “penyambung lidah” atau menyampaikan pesan ilahi dengan tujuan tertentu. Ada yang bertujuan memberi gambaran akan masa depan, peringatan akan hukuman akibat perbuatan tertentu, tulah atau hukuman dari Allah, dan memberi peringatan sekaligus memanggil umat Allah agar bertobat dari perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Allah.

Tugas untuk memberi pesan pertobatan diemban oleh Zakharia, yang menerima firman Allah pada bulan kedelapan, tahun kedua pemerintahan Darius (ay. 1). Allah yang murka kepada nenek moyang mereka, masih berbelaskasihan dengan berupaya memanggil mereka kembali. Allah melalui Zakharia juga menyuruh mereka belajar dari pengalaman hidup nenek moyang mereka, untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya (ay. 5). Pesan Allah menyiratkan pesan bahwa kalau mereka berpaling kepada Allah, bertobat, dan hidup melekat kepada-Nya, maka kelak mereka akan menikmati kehidupan yang kekal bersama Dia. Itulah yang terkandung dalam pesan Allah, “Kembalilah kepada-Ku, maka Aku pun akan kembali kepadamu.”

Sesungguhnya seruan untuk hidup dalam pertobatan tidak hanya Allah berikan pada masa lampau, atau hanya diberikan kepada umat pilihan Allah. Kita pun sebagai orang percaya perlu mencermati setiap kali seruan pertobatan ini datang, lewat berbagai cara yang mungkin Allah lakukan. Seruan pertobatan yang sejatinya menunjukkan kasih Allah, yang tak ingin melihat kehidupan kita penuh kesengsaraan akibat dosa jika tidak segera bertobat.

—GHJ/www.renunganharian.net


DALAM PESAN PERTOBATAN, ADA BELAS KASIHAN ALLAH MENGALIR DI SANA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.