HARGA POT KOSONG

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: DANIEL 1

Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya. (Daniel 1:20)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 6–7



Tujuh ribu rupiah, itulah harga satu pot kosong yang biasa saya beli di sebuah toko. Lewat media pot, saya bisa menjual berbagai tanaman. Tanaman yang saya taruh di pot, menentukan nilainya. Contoh, saya taruh tanaman min, harga tanaman plus pot menjadi tiga belas ribu rupiah. Saya taruh tanaman keladi tikus, harganya jadi tiga puluh lima ribu rupiah. Saya taruh tanaman cabai setan, harganya jadi dua puluh ribu rupiah. Beda isi, beda nilai jualnya.

Seberapa bernilai hidup kita di mata Tuhan dan manusia, sangat ditentukan dengan segala sesuatu yang kita isi di hati dan pikiran kita. Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya bisa saja memilih belajar asal-asalan di negeri Babel selama masa pendidikan tiga tahun. Kepandaian mereka kelak dipakai untuk bekerja pada Nebukadnezar, raja yang sudah menaklukkan negeri mereka dan mengangkut mereka jadi tawanan. Mereka memilih mengisi hidupnya dengan takut akan Tuhan. Buktinya, mereka berketetapan tidak menajiskan dirinya. Mereka juga belajar dengan tekun. Tuhan disenangkan dengan sikap mereka, sehingga Dia memberikan pengetahuan dan kepandaian kepada mereka (ay. 17). Karena takut kepada Tuhan, secara kebijaksanaan dan pengertian mereka sepuluh kali jauh lebih cerdas daripada semua orang berilmu di kerajaan itu (ay. 20).

Karena menyadari diri kita sangat bernilai di hadapan Tuhan, mari kita mengisi diri kita dengan segala sesuatu yang benar, kudus, dan berkenan kepada Tuhan. Hidup dalam takut akan Tuhan, rajin bekerja, rajin belajar, tekun berdoa, dan tetap setia mengikut Tuhan dalam kondisi apa pun.

—RTG/www.renunganharian.net


SEBERAPA BERNILAI HIDUP KITA DI MATA TUHAN DAN MANUSIA,
SANGAT DITENTUKAN DENGAN SEGALA SESUATU YANG KITA ISI DI HATI DAN PIKIRAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.