PERBUATAN BESAR ALLAH

1 2 3 4 5 Rating 4.16 (50 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 2:1–13

“Baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berbicara dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.” (Kis. Pr. Rasul 2:11)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Tawarikh 31–33



Salah satu peristiwa menarik pada zaman gereja mula-mula adalah peristiwa turunnya Roh Kudus, yang memenuhi umat Allah di Yerusalem. Seperti kita tahu, keberadaan mereka di Yerusalem dalam rangka menaati perintah agar mereka tinggal di sana untuk menanti-nantikan janji datangnya Roh Kudus. Akhirnya terjadilah sesuatu yang menggemparkan tepat pada hari Pentakosta itu, ketika para murid Kristus berada di loteng atas sebuah bangunan di Yerusalem.

Lukas jelas mencatat bahwa kerumunan orang yang mendengar suatu bunyi yang aneh itu merasa bingung, karena para rasul Kristus itu berkata-kata dalam berbagai bahasa, mulai dari Partia, Media, hingga Arab dan Asia (ay. 8–11). Menariknya, pesan yang disampaikan lewat berbagai bahasa itu terdengar sama, yakni tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah (ay. 11). Berita yang memang dimaksudkan untuk dipahami oleh seluruh bangsa pada masa itu, bahwa benarlah Allah sedang berkarya dalam kehidupan para rasul, juga para murid yang berkumpul untuk menantikan hadirnya Roh Penolong itu.

Saat ini Roh Kudus sudah berdiam dalam diri orang percaya. Allah mengharapkan agar mereka yang telah didiami oleh Roh Kudus, dapat mewartakan akan perbuatan-perbuatan Allah yang besar, yang dimulai dari lokasi terdekat, di mana orang banyak mengenal dan mengerti bahasa yang dipakai. Sudahkah kita melibatkan diri untuk bersaksi tentang perbuatan-perbuatan Allah dalam kehidupan kita? Jika belum, ini waktu yang tepat untuk memulainya, supaya melalui kita, Injil diberitakan.

—GHJ/www.renunganharian.net


KETIKA ROH KUDUS BERKARYA, UJUNGNYA SELALU MEMULIAKAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.