RAGU OLEH PENDERITAAN

1 2 3 4 5 Rating 4.09 (54 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 7:18–35

Ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan, “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?” (Lukas 7:19)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Tawarikh 6–7



Ada banyak faktor membuat orang percaya kemudian meragukan Tuhan. Salah satunya ialah hempasan penderitaan. Saat datang bertubi persoalan, ragulah ia akan kesetiaan Tuhan. Dalam hati bertanya, “Benarkah Tuhan senantiasa menyertaiku?” Saat penyakit menjadi semakin kronis, ragulah ia akan kuasa dan kasih Tuhan. Dalam hati bertanya, “Benarkah Tuhan mampu (atau mau) menyembuhkanku?”

Keraguan serupa dialami oleh Yohanes Pembaptis. Semula ia yakin Yesus adalah Mesias. Yohanes menunjuk kepada Yesus, lalu berkata, “Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yoh. 1:29). Sebab padanya telah diberikan tanda dari sorga, yakni Roh yang turun atas seseorang dan tinggal di atas-Nya (Yoh. 1:33). Namun kemudian penderitaan menghempas kehidupannya. Yohanes dipenjara oleh karena menegur Raja Herodes yang mengambil Herodias, istri Filipus saudaranya menjadi istrinya (Mat. 14:3–4). Hari demi hari hidup terkurung dalam penjara membuat iman Yohanes mulai goyah. Yohanes menjadi ragu benarkah Yesus adalah Mesias. Maka ia mengutus dua muridnya menanyakan kepada Yesus, “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?” (ay. 19).

Untuk mengenyahkan keraguan dalam diri Yohanes, Yesus meminta kedua murid itu menceritakan kepadanya segala perbuatan Yesus yang mereka lihat dan dengar (ay. 22). Solusi serupa dapat kita terapkan. Bila saat ini penderitaan membuat kita meragukan Tuhan, tengoklah kembali segala perbuatan Tuhan yang ajaib dalam kehidupan kita. Semoga iman kita yang mulai goyah dapat kembali dikuatkan.

—LIN/www.renunganharian.net


WALAU DERITA MENGHEMPAS KEHIDUPAN,
TAK BOLEH KITA BIARKAN IMAN DALAM DIRI KITA TERGOYAHKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.