TETAP PERGI KE RUMAH TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.27 (48 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 SAMUEL 1

Demikianlah terjadi dari tahun ke tahun; setiap kali Hana pergi ke rumah TUHAN, Penina menyakiti hati Hana, sehingga ia menangis dan tidak mau makan. (1 Samuel 1:7)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-raja 12–13



Tidak sedikit orang tidak mau lagi pergi ke rumah Tuhan (gereja) karena mendapat perlakuan yang kurang baik dan membuatnya tidak nyaman di gereja. Seorang remaja putri tidak pernah pergi ke gereja lagi; seniornya menegur saat dia bercanda padahal menurut pendapatnya, ia bercanda berempat dengan teman-temannya tetapi senior hanya menegur dia saja, tidak menegur teman-teman lain yang juga bercanda.

Berbeda dengan Hana, setiap kali Hana pergi ke rumah Tuhan, pada hari Elkana, suaminya, mempersembahkan korban kepada Tuhan semesta alam di Silo, diberikannyalah kepada Penina dan kepada semua anaknya yang laki-laki dan perempuan masing-masing sebagian, meskipun ia mengasihi Hana, ia memberikan kepada Hana hanya satu bagian; sementara itu madunya, Penina, selalu menyakiti hatinya supaya ia gusar karena Tuhan telah menutup kandungannya, demikianlah terjadi dari tahun ke tahun; setiap kali Hana pergi ke rumah Tuhan, Penina menyakiti hati Hana; walaupun demikian Hana tetap setia pergi ke rumah Tuhan dari tahun ke tahun (ay. 3–7).

Memang tidak mudah dan tidak nyaman untuk tetap setia pergi ke rumah Tuhan saat mendapat perlakuan kurang baik di sana, tetapi kesetiaan Hana dan kesungguhannya untuk mencurahkan isi hatinya di hadapan Tuhan dalam doa, akhirnya membuat Tuhan ingat kepadanya. Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya, “Aku telah memintanya dari pada Tuhan” (ay. 10, 15, 19, 20).

—IN/www.renunganharian.net


TUHAN INGAT DAN MEMBERI BERKAT KEPADA ORANG YANG SETIA PERGI
KE RUMAH TUHAN WALAUPUN MENDAPAT PERLAKUAN YANG KURANG BAIK DI SANA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.