MULIAKANLAH ALLAH

1 2 3 4 5 Rating 4.17 (42 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: DANIEL 4:28–37

Berkatalah raja: “Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?” (Daniel 4:30)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 11–13



Tidak semua hal dapat kita capai dengan mudah. Sering kali dibutuhkan jerih payah, untuk dapat mencapai sesuatu yang kita idamkan dan upayakan. Sekalipun demikian, kita akan merasakan kepuasan tersendiri ketika jerih payah kita terbayarkan dengan tercapainya upaya kita. Tetapi kita harus berhati-hati dengan rasa puas kita, karena sering kali orang akan menjadi sombong atas apa yang diraihnya, hanya karena merasa mampu melakukan sesuatu.

Nebukadnezar menjadi begitu sombong, ketika berhasil membangun Babel menjadi kota kerajaan. Atas keberhasilannya itu, dia merasa memiliki kekuasaan yang begitu kuat. Ucapan kesombongannya bahkan seperti hendak menyatakan bahwa dia mampu melakukan segala sesuatu, oleh karena kekuatan kuasanya. Nebukadnezar begitu bangga atas pencapaiannya, sehingga dia memuliakan dirinya sendiri. Kesombongannya telah menutup matanya untuk melihat kenyataan bahwa pencapaiannya itu tidak dilakukan olehnya seorang diri. Oleh karena itulah Allah murka, dan menyatakan jatuhnya Nebukadnezar sebagai raja. Allah menyebut Nebukadnezar sebagai raja, bukan untuk mengakui takhtanya, tetapi justru untuk merendahkan Nebukadnezar. Karena Nebukadnezar begitu meninggikan dirinya, sehingga Allah menurunkannya.

Dalam setiap keberhasilan kita, haruslah kita sadar bahwa keberhasilan yang kita raih itu tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Oleh karena itu, maka setiap keberhasilan kita pun juga harus diserahkan kepada Tuhan dengan memuliakan nama-Nya, karena Tuhan yang memampukan kita.

—ZDP/www.renunganharian.net


SETIAP KEBERHASILAN KITA TIDAKLAH TERLEPAS DARI CAMPUR TANGAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.