SAMPAH DAN BUAH

1 2 3 4 5 Rating 4.12 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YAKOBUS 1:2–8

Biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tidak kekurangan apa pun. (Yakobus 1:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 34–36



Pak Man memiliki kebun pisang yang cukup luas. Pisang hasil kebunnya juga sangat berkualitas. Ini sebanding dengan ketelatenannya dalam merawat kebun. Di antaranya, rutin menyiangi rumput dan memangkas daun pisang yang mulai mengering. Dengan penuh kesabaran daun-daun itu dipotongnya menjadi dua atau tiga bagian, untuk ditata dengan rapi di sekeliling pohon. Dengan demikian daun-daun kering itu akan terurai menjadi pupuk.

Daun-daun kering biasa dianggap sebagai sampah yang tak enak dipandang. Mengotori dan tidak berguna. Padahal, sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Hanya memerlukan ketekunan, untuk mengolahnya. Begitu pula dengan rupa-rupa pergumulan yang lebih sering diasumsikan sebagai penderitaan. Penderitaan yang Tuhan izinkan terjadi sesungguhnya merupakan sarana penguji iman, yakni keyakinan kita terhadap kuasa, firman dan janji Allah, serta kesetiaan dan keteguhan hati kita kepada Tuhan Yesus. Namun, tidak semua orang percaya meningkatkan ketekunan dan kesabaran di tengah penderitaan. Sebaliknya, mereka menjadi lemah dan menyerah, sehingga membuka peluang bagi iblis menarik menuju dosa.

Mengharapkan kenikmatan tanpa penderitaan justru membuat kita semakin merasa menderita. Lebih baik jika penderitaan dimaknai sebagai kesempatan untuk bertekun. Bertekun dalam menjaga kesetiaan kepada Tuhan, dengan tetap setia menghidupi hikmat Tuhan. Dengan demikian penderitaan menjadi ladang bagi kita untuk bertumbuh, sehingga menghasilkan buah rohani yang memuaskan.

—EBL/www.renunganharian.net


PENCOBAAN PUN DAPAT BEKERJA BAGI KEBAIKAN JIKA KITA HADAPI DENGAN
BERSERAH PENUH KEPADA TUHAN DAN HIDUP DALAM HIKMAT-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.