KEBURUKAN YANG DICERITAKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 9:18–29

Maka Ham, bapa Kanaan itu, melihat aurat ayahnya, lalu diceritakannya kepada kedua saudaranya di luar. (Kejadian 9:22)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 28–29



Seorang jemaat memutuskan untuk tidak ke gereja lagi setelah gembala sidangnya menjadikan kisah hidupnya sebagai ilustrasi khotbah. Walau namanya disamarkan, jemaat-jemaat lain cepat mencari tahu sampai akhirnya masalahnya terkuak dan menjadi gosip hangat di gereja. Awalnya, jemaat ini hanya konseling, tetapi ia sangat menyesal dan menganggap gembala sidangnya tidak beretika dengan memakai kisah hidupnya sebagai ilustrasi khotbah tanpa izin kepadanya lebih dulu. Keburukannya secara tidak langsung dibeberkan dan dijadikan konsumsi publik.

Ham pun demikian, ketika melihat aurat ayahnya, seharusnya ia dapat diam dan bergegas mengambil pakaian untuk menutupinya. Tetapi justru Ham menceritakan pada kedua saudaranya (ay. 22). Tindakan menceritakan ini yang tidak tepat. Bersyukurnya, Sem dan Yafet tidak bersikap seperti Ham. Kedua saudara Ham ini mengambil tindakan tepat: mereka lantas mengambil sehelai kain dan membentangkannya pada bahu mereka berdua, lalu mereka berjalan mundur, menutupi aurat ayahnya sambil berpaling muka (ay. 23). Setelah Nuh sadar dari mabuknya, Nuh mengutuk Ham (ay. 25) dan memberkati Sem dan Yafet (ay. 26–27).

Setiap orang tentu memiliki sisi baik dan buruk. Jika Tuhan mengizinkan kita untuk menolongnya berubah dari sisi buruknya, apakah baik jika kita menceritakan keburukannya pada orang lain seperti Ham? Atau maukah kita bersikap seperti Sem dan Yafet, bahkan tetap mengasihi orang yang kita tahu memiliki keburukan tersebut? Kasih menutupi segala sesuatu, jadi percayalah, tanpa kita perlu menceritakan keburukannya pada orang lain, kasih itu sendirilah yang sanggup mengubahkannya.

—YDS/www.renunganharian.net


KASIH MEMAMPUKAN SESEORANG BERTINDAK BIJAK


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.