MEMUJI TUHAN: HOBI ATAU DISIPLIN?

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 147

Haleluya! Sungguh, bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji itu. (Mazmur 147:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 1–2



Saya pernah membesuk seorang Oma. Dia duduk lemah di kursi rodanya. Di tengah obrolan, tiba-tiba dia menyanyikan sebuah lagu rohani yang riang. Ketika dia mulai bernyanyi, saya terkejut dengan perubahan drastis dari dirinya. Suaranya yang lirih menjadi kencang. Perawatnya yang berdiri di sampingnya berkata, “Oma sejak masih muda memang hobi bernyanyi memuji Tuhan.” Kalimat ini memantik pertanyaan dalam batin saya, “Apakah bernyanyi memuji Tuhan adalah sebuah hobi?”

Setelah lama merenung, saya berkesimpulan bahwa bernyanyi memuji Tuhan tidak boleh berhenti hanya sebagai sebuah hobi. Bernyanyi memuji Tuhan merupakan sebuah disiplin rohani bagi semua orang percaya.

Salah satu perbedaan penting dari keduanya adalah bila bernyanyi merupakan hobi maka sangat tergantung pada suasana hati (mood). Tidak demikian bila bernyanyi merupakan disiplin. Kita tetap bernyanyi dalam keadaan apa pun, termasuk saat enggan bernyanyi. Kita selalu bernyanyi memuji Tuhan karena mendatangkan pelbagai manfaat bagi kerohanian, antara lain mengingatkan kita tentang siapa dan karya Allah seperti yang digambarkan oleh Mazmur 147 ini. Bernyanyi memuji Tuhan mengarahkan iman kita pada kasih setia-Nya (ay. 11). Bernyanyi memuji Tuhan memompakan kekuatan yang baru bagi kita (ay. 3, 6).

Anda sering merasa tidak bersemangat, lesu, atau malas untuk bernyanyi memuji Tuhan? Pada saat seperti itu, apakah Anda menutup mulut atau tetap bersuara memuji Dia? Bernyanyi memuji Dia di setiap waktu akan menguatkan dan menyehatkan iman kita di sepanjang perjalanan kehidupan ini.

—JIM/www.renunganharian.net


BERNYANYI MEMUJI TUHAN ADALAH KOMITMEN YANG BERDASARKAN
KESADARAN AKAN MANFAAT-MANFAATNYA BAGI KEROHANIAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.