MENIKMATI BERKAT

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (46 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: PENGKHOTBAH 6:1–6

Peringatkanlah orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. (1 Timotius 6:17)


Bacaan Alkitab Setahun:
Imamat 24–25



Bukan berita baru lagi jika kita sering mendengar bagaimana orang-orang yang masih berusia muda mendadak kaya karena prestasinya. Tetapi, hidup berlimpah uang ternyata tidak membuat hati menjadi puas. Dengan kekayaan itu, mereka mampu membeli mobil-mobil mahal, rumah mewah, berlibur ke tempat-tempat yang indah, dan berpesta pora. Dan sering terjadi bagaimana kekayaan itu membawa mereka pada kejatuhan perilaku yang tidak bermoral serta penggunaan obat-obatan terlarang.

Pengkhotbah rupanya sangat peduli kepada orang-orang yang hidupnya begitu bergantung pada kekayaannya. Uang, jika tidak diterima dengan rasa syukur dan tidak dikelola dengan baik, justru memberi dampak yang buruk. Ia melukiskan mereka yang tidak mampu mengelola kekayaan dengan baik bak seorang yang hanya bergelimang harta namun tidak memiliki Allah. Ada orang-orang yang begitu kaya namun mereka tetap saja tidak bahagia dan akhirnya meninggal tanpa pewaris (ay. 1–2). Ada juga orang-orang yang punya waktu hidup lebih lama dan berkecukupan, tapi tidak pernah merasakan kepuasan dan meninggal tanpa pernah merasa diri dicintai (ay. 3–6). Akhirnya, Pengkhotbah pun menyimpulkan: lebih baik tidak hidup daripada kaya dan tenar namun hidup menderita.

Rasul Paulus juga mengingatkan bagaimana semestinya kita memandang kekayaan: saat kita membiarkan Allah mengontrol hidup kita, maka kita dapat menikmati berkat di dunia, karena Dia "memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati" (1Tim. 6:17). Kemampuan kita mengelola keuangan dengan baik, memampukan kita dapat mensyukuri segala berkat Tuhan dan kita pun dapat menikmatinya dengan sukacita.

—SYS/www.renunganharian.net


NIKMATILAH SEGALA BERKAT TUHAN DENGAN RASA SYUKUR
DAN KELOLALAH UNTUK MEMULIAKAN NAMA-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.