KOMUNITAS YANG BERNYANYI

1 2 3 4 5 Rating 4.35 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 145:1–13

... dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. (Mazmur 145:10)


Bacaan Alkitab Setahun:
Imamat 11–13



Dalam sebuah seminar yang saya pimpin, seorang peserta bertanya, “Bila saya suka memuji Tuhan secara pribadi setiap hari maka mengapa saya harus memuji Tuhan bersama jemaat lainnya di gereja pada hari Minggu?” Pertanyaan ini mungkin awalnya terdengar aneh karena kita sudah menganggap bernyanyi bersama dalam ibadah gereja sebagai hal yang sangat lumrah. Saking lumrahnya, kita tidak lagi mengerti mengapa kita perlu memuji Tuhan bersama saudara seiman lainnya.

Mazmur ini dibuka dengan aktivitas Daud seorang diri memuji Tuhan (ay. 1–5). Namun, ayat 6 menjadi transisi besar dari pujian personal ke pujian komunal. Daud melukiskan tentang seluruh umat memuji Dia. Memuji bersama seluruh umat-Nya merupakan hal yang juga penting untuk dilakukan. Mengapa? Pertama, dengan bernyanyi bersama maka kita sedang diingatkan bahwa kasih Allah tercurah kepada semua orang tanpa pandang bulu (ay. 9–10). Bernyanyi bersama mencegah sikap individualis dalam diri kita. Kita disadarkan bahwa Allah mengasihi semua orang percaya tanpa pandang bulu. Kedua, dengan bernyanyi bersama maka kita sedang mempersaksikan kepada dunia tentang Kerajaan Allah yang terdiri dari orang-orang yang berbeda-beda tapi sehati mengasihi dan menyembah Allah (ay. 13). Bernyanyi bersama menjadi oase di tengah dunia yang terfragmentasi.

Pahamilah makna dan alasan memuji Tuhan bersama saudara seiman dalam ibadah, supaya kita tidak terjebak pada ritual yang kosong. Kiranya renungan hari ini semakin menggairahkan kita untuk aktif memuji Tuhan dalam ibadah gereja.

—JIM/www.renunganharian.net


MEMUJI TUHAN BERSAMA SAUDARA SEIMAN MENGHADIRKAN
BERKAT YANG TIDAK ADA DALAM MEMUJI TUHAN SECARA PRIBADI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.