KETAATAN KAUM REKHAB

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YEREMIA 35

“Sungguh, keturunan Yonadab bin Rekhab menepati perintah yang diberikan bapa leluhurnya kepada mereka, tetapi bangsa ini tidak mau mendengarkan Aku!” (Yeremia 35:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 43–45



Tuhan menyuruh Yeremia mengajak kaum Rekhab ke bait Allah dan mempersilakan mereka meminum anggur yang sengaja dihidangkan bagi mereka. Tetapi mereka menolaknya, karena leluhur mereka telah melarang keturunannya meminum anggur. Selain itu ada beberapa larangan lain yang ditetapkan bagi mereka, yakni jangan mendirikan rumah, melainkan hidup di tenda seumur hidup; jangan menabur benih, dan jangan membuat kebun anggur. Menariknya, keturunan Rekhab menaati perintah itu sebagai tanda hormat terhadap leluhurnya.

Tuhan menggunakan kaum Rekhab sebagai contoh untuk mengajar bangsa Israel mengenai kesetiaan dan ketaatan. Leluhur mereka hanyalah manusia biasa, dengan hikmat yang terbatas, namun keturunannya menaatinya. Sebaliknya, bangsa Israel telah bertindak sangat kurang ajar. Mereka bebal dan menolak pengajaran Allah, sekalipun pengajaran itu telah diberikan terus-menerus, melalui perantaraan banyak nabi, juga melalui leluhur mereka sendiri. Akibatnya, Tuhan akan mendatangkan penghukuman kepada umat-Nya atas ketidaktaatan mereka.

Banyak orang tetap menaati amanat leluhur mereka hingga saat ini, bahkan di tengah gempuran nilai-nilai yang berubah dengan cepat. Tetapi, apakah kita juga tetap setia dengan nilai dan pengajaran yang diberikan Allah melalui firman-Nya? Kita perlu mengevaluasi diri. Jangan-jangan mereka yang bukan pengikut Tuhan justru menjadi teladan dalam berbagai perbuatan baik, sementara kita yang menyebut diri sebagai umat Tuhan malah hidup dalam gelimang dosa serta melakukan hal-hal yang mencemarkan nama-Nya.

—HT/www.renunganharian.net


RASA HORMAT KITA KEPADA TUHAN DAPAT DIUKUR
DARI KETAATAN KITA MENJALANKAN FIRMAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.