INTERVENSI TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 1:26-38

Kata Maria, "Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia. (Lukas 1:38)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 9-11



Sepasang suami-istri memiliki kerinduan untuk mendirikan panti asuhan. Misi mulia yang semula hendak mereka wujudkan ketika sang suami memasuki masa pensiun, sekitar delapan tahun berselang. Namun, tak disangka intervensi Tuhan membuat rencana itu harus dipercepat. Dibuat-Nyalah keadaan yang “memaksa” mereka untuk segera mendirikan panti asuhan. Delapan tahun berselang, sambil mengenang masa lalu sang istri berkata, “Untunglah ketika itu kita taat, karena kalau kita memulai sekarang, kondisinya tak memungkinkan.”

Kita mungkin tak asing dengan ungkapan “manusia boleh berencana, tetapi Tuhanlah yang menentukan”. Ya, kita percaya ada faktor kehendak dan kedaulatan Allah, yang dapat membuat rencana kita berlangsung lebih cepat, lebih lambat, atau harus mengalami penyesuaian secara mendadak. Inilah yang juga terjadi dalam kehidupan Maria, yang sedang bertunangan dengan Yusuf. Ia mungkin sudah menyusun rencana untuk masa depan keluarga mereka, tetapi mendadak Tuhan mendatangi dan berfirman melalui malaikat-Nya. Secara manusia, rencana Maria bisa dibilang berantakan, tetapi Maria mengerti posisinya sebagai hamba Tuhan yang harus berserah diri pada kehendak dan rencana Allah.

Bagaimana dengan keadaan kita saat ini? Apakah kondisi kita seperti Maria yang harus beradaptasi dengan cepat, karena Tuhan mengintervensi hidup kita untuk melakukan sesuatu? Mari belajar merespons seperti Maria, karena kita ini adalah hamba-Nya. Biarlah lewat ketaatan dan kerelaan kita, Allah dapat menyatakan kemuliaan-Nya.

—GHJ/www.renunganharian.net


INTERVENSI TUHAN PERLU DISAMBUT DENGAN
KETAATAN DAN PENYERAHAN DIRI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.