DEMI KEHORMATAN SIAPA?

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (38 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 12:37-43

Sebab mereka lebih menyukai kehormatan manusia daripada kehormatan Allah. (Yohanes 12:43)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Petrus 1-3



Firman Tuhan dengan tegas menunjuk sikap beberapa orang pemimpin yang takut dikucilkan oleh kelompoknya adalah sikap yang lebih suka akan kehormatan manusia. Sebagian orang mengurungkan niatnya untuk memercayai Tuhan karena lebih takut kehilangan hormat dari manusia.

Shannon Rule, seorang aktivis Kristen yang pernah mengalami pengucilan dan tekanan, dalam doanya berucap, "Tuhan, biarkanlah orang-orang melihat-Mu dalam diriku, kosongkanlah diriku. Jangan biarkan orang-orang memandangku sebagai orang yang menjijikkan atau kasar." Sesaat setelah berdoa, ia mendengar suara hatinya berkata, "Sebagian orang merasa sikap Yesus menyakitkan hati dan kasar. Coba hitung, berapa orang yang mengundurkan diri karena menganggap ajaran-Nya keras?" Teguran itu lalu mengubah doanya. "Jika begitu Tuhan, buatlah semua orang menyukaiku," pinta Shannon. Lagi-lagi ia mendengar suara, "Kenyataannya, sekalipun Yesus terus berbuat baik, orang-orang tetap memusuhi-Nya!" Tersadar dengan teguran ini Shannon pun berdoa, "Tuhan, aku rindu mematuhi-Mu. Sertailah aku dalam setiap hubunganku. Biarkan aku mencintai sesamaku, seperti aku mencintai-Mu. Dimuliakanlah nama-Mu! Amin.”

Tak seorang pun ingin dimusuhi, tiap orang ingin dihargai. Itulah sebabnya kita sering kali rela membayar dengan harga mahal demi mencari kehormatan manusia. Bahkan doa-doa kita pun selalu menyebut supaya kita dihindarkan dari orang-orang yang punya maksud jahat, dsb. Ketika hanya memfokuskan keinginan hanya untuk diri sendiri, maka hal itu akan sulit terpenuhi. Jika kita ingin mendapat penghormatan Tuhan, mematuhi kehendak-Nya adalah hal yang utama. Jika ingin sikap orang lain berubah, maka kita perlu mengubah terlebih dahulu diri kita.

—SYS/www.renunganharian.net


JIKA KITA MEMUTUSKAN UNTUK MEMATUHI KEHENDAK ALLAH, BISA JADI KITA AKAN
MENGHADAPI BANYAK PERTENTANGAN BAHKAN KEHILANGAN HORMAT DARI MANUSIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.