IMAN KONDISIONAL?

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (37 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: IBRANI 11

Yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa. (Ibrani 11:33)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 4-5



Seorang hamba Tuhan terkejut ketika mendengar salah seorang jemaat berkata kepadanya, “Iman itu menurut saya tergantung kondisi. Kalau kehidupan sedang baik, iman kita juga baik. Namun, kalau kondisi tidak baik, wajar saja jika iman lantas menjadi lemah.” Meski terkejut, hamba Tuhan ini mencoba tetap tenang, sambil menjadikan percakapan singkat itu sebagai bahan evaluasi diri, “Apakah ada yang keliru dengan pengajaran yang selama ini saya sampaikan, kok ada jemaat yang berpikiran seperti ini ya?”

Dalam pemaparan tentang nama para tokoh iman, tak ada yang disembunyikan oleh penulis kitab Ibrani. Ia menggambarkan tentang iman yang sejati dalam Kristus, yang tak hanya berkaitan dengan keadaan baik, menyenangkan, atau terkait rangkaian mukjizat dan berkat materi yang berlimpah. Iman sejati ditunjukkan oleh para tokoh iman justru ketika mereka mengalami penderitaan, aniaya, bahkan pengorbanan nyawa (ay. 32-37). Kualitas iman yang Allah masih harapkan untuk dimiliki oleh umat-Nya pada zaman sekarang, meski bentuk tantangan atau ujian yang dihadapi dalam bentuk berbeda.

Penyajian “fakta iman” dari penulis Ibrani menunjukkan pada kita bahwa iman sama sekali tidak terkait situasi dan kondisi. Mereka yang sungguh-sungguh beriman kepada Kristus akan tetap berdiri teguh menghadapi tantangan, bahkan sekalipun aniaya dan penderitaan harus mereka tanggung. Iman seperti inilah yang diperlukan menjelang kedatangan Tuhan yang semakin mendekat. Apakah Anda sudah memiliki jenis iman seperti ini?

—GHJ/www.renunganharian.net


IMAN SEJATI TIDAK DIPENGARUHI KEADAAN,
TETAPI MEMENGARUHI DAN MENGUBAH KEADAAN!


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.