MENGHADAPI KETIDAKPASTIAN

1 2 3 4 5 Rating 4.38 (47 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: PENGKHOTBAH 11:1-8

Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik. (Pengkhotbah 11:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 10-11



Dunia ini penuh ketidakpastian. Siang yang terik bisa berganti mendung dalam sekejap. Arah angin tak bisa dikendalikan. Iklim dan cuaca tak menentu. Ekonomi mengalami fluktuasi. Harga saham bisa merosot atau meroket drastis. Politik dan kebijakan para pemimpin juga bisa berubah. Menghadapi ketidakpastian itu, kita bisa menjadi gamang. Penuh kecemasan. Namun bisa juga menjadi serakah, egois serta tidak memedulikan orang lain.

Nas ini memberi kita setidaknya tiga pedoman hikmat dalam menghadapi dunia yang serba tak pasti. Pertama, belajarlah memberi (ay. 1-2). Ketika kita dengan murah hati menaburkan berbagai kebaikan, maka suatu saat nanti kita juga akan menuainya. Banyak hal yang kita nikmati saat ini sebagai buah kebaikan yang kita perbuat di masa lalu. Kedua, beranilah mengambil risiko dalam hidup (ay. 3-5). Mencemaskan segala sesuatu hanya akan menghentikan langkah kita. Namun tentunya tindakan ini perlu dibarengi hikmat, agar kita dapat berjalan menurut kehendak Allah. Ketiga, bekerjalah dengan giat namun jangan lupa menikmati hidup (ay. 6-8). Keseimbangan antara bekerja dan beristirahat mesti dijaga. Kita juga harus mempersiapkan diri untuk masa depan, termasuk untuk kehidupan di kekekalan.

Syukurnya, Allah selalu bersama kita dalam setiap situasi. Dia tetap memegang kendali dan otoritas, sekalipun di tengah ketidakpastian yang kita hadapi. Namun, Dia tidak ingin kita hanya berpangku tangan, melainkan agar tetap aktif dan produktif yakni dengan mengerjakan dan menyebarkan kebaikan selama kita di dunia ini.

—HT/www.renunganharian.net


TUHAN MEMINTA KITA MENABUR SERTA MENGHASILKAN TINDAKAN KEBAIKAN,
UNTUK MEMBERI PENGHARAPAN DI DALAM DUNIA YANG PENUH KETIDAKPASTIAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.