TIDAK SEBATANG KARA

1 2 3 4 5 Rating 4.39 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 14:15-31

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” (Yohanes 14:27)


Bacaan Alkitab Setahun:
Nehemia 1-3



Rasa kesepian sangatlah menyiksa bagi yang sedang ataupun pernah mengalaminya. Ingin mencurahkan isi hati, namun tidak ada yang peduli. Butuh pertolongan, tetapi tidak seorang pun memahami maksud hati dan kebutuhan kita yang sesungguhnya. Kita seolah ditinggal sendirian. Bahkan hak kita sebagai manusia pun mungkin terabaikan. Sejumlah penelitian di negara maju beberapa tahun terakhir memperlihatkan kesepian sebagai gangguan yang melanda jutaan orang.

Yesus mengetahui arti kesepian yang murid-murid-Nya alami saat Dia tidak lagi hadir secara fisik di dunia ini. Pasti ada rasa ngeri dan seolah tidak terlindung ketika para murid kehilangan guru, pemimpin, sekaligus pembela dan pelindung mereka tidak berapa lama kemudian. Sebab itu, Yesus menenteramkan mereka dengan berjanji tidak akan meninggalkan mereka sebatang kara (ay. 18). Roh Kudus mengajar dan mengingatkan segala hal yang pernah Yesus katakan kepada mereka (ay. 26). Damai sejahtera yang Yesus karuniakan akan menyertai mereka (ay. 27) sekalipun mereka menghadapi berbagai ancaman dan mara bahaya.

Yang Yesus katakan kepada para murid berlaku juga bagi kita yang mengasihi-Nya (ay. 23). Adapun tanda kasih adalah taat pada firman-Nya. Dengan demikian, kita niscaya dipenuhi oleh damai sejahtera yang tak tergantikan oleh apa pun juga. Sebab Allah Tritunggal menyertai dan menjadi pembela kita. Sekalipun demikian, kita tetap dituntut untuk tidak gelisah dan gentar (ay. 27b). Kita diminta untuk percaya penuh akan janji dan firman-Nya.

—HEM/www.renunganharian.net


TATKALA KESEPIAN MELANDA, PEGANGLAH DAN TAATI FIRMAN TUHAN SAMBIL
MENGINGAT BAHWA ROH KUDUS SENANTIASA MENYERTAI ANDA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.