BERKAT

1 2 3 4 5 Rating 3.92 (106 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: BILANGAN 6:22-27

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau.” (Bilangan 6:24)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Tawarikh 7-9



Dalam sehari, berapa kali kita menggunakan kata “berkat”? Saat berdoa, kita meminta agar Tuhan memberkati kita, serta memberkati orang-orang yang kita kasihi. Kita berdoa agar Dia memberkati usaha kita. Saat berkomunikasi, baik secara lisan maupun pesan elektronik, banyak orang mengakhirinya dengan berkata, “Tuhan memberkati” atau disingkat GBU (God Bless You). Namun, apa konsep pemahaman kita mengenai berkat?

Banyak orang dengan mudahnya menghubungkan kata “berkat” dengan materi, yakni harta benda dan kekayaan, juga kesehatan fisik, memiliki keturunan yang banyak, panjang umur, serta kesuksesan usaha. Ini tidak sepenuhnya salah. Namun dalam Alkitab, berkat adalah segala sesuatu yang Allah berikan kepada anak-anak-Nya. Jadi berkat itu juga berupa perlindungan dan perkenanan Tuhan atas kita. Juga damai sejahtera dan sukacita yang kita alami karena mengenal dan menaati Dia. Pengampunan dosa dan keselamatan di dalam Kristus bahkan menjadi berkat terbesar yang Allah berikan bagi kita.

Allah adalah sumber segala berkat. Dialah sumber setiap pemberian yang baik serta setiap anugerah yang sempurna (Yak. 1:17). Allah ingin agar bangsa Israel memahami hal ini, sehingga para imam diperintahkan untuk menyampaikannya kepada umat-Nya. Dan tentunya, Allah juga ingin kita mengetahui ini. Bahwa hanya Dialah yang berkuasa memberkati kita. Karena itu, janganlah kita hanya berfokus kepada berkat, tetapi bersyukur dan memuliakan Sang Pemberi Berkat. Sepatutnya jugalah kita mempergunakan setiap berkat tersebut sesuai dengan kehendak Allah, Sang Sumber Berkat.

—HT/www.renunganharian.net


KEPADA ALLAH YANG MEMBERI KITA SEGALA BERKAT
SEPANTASNYALAH KITA UCAPKAN SYUKUR DENGAN PUJIAN DAN SEGALA HORMAT


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.