MENDAHULUI KUASA TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (30 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 23:44-49

Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring, “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” (Lukas 23:46)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Samuel 13-14



Alienasi, situasi merasa terasing, merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang yang hidup di era seperti sekarang ini. Relasi sosial yang ditandai oleh mass self-communication, meminjam istilah Manuel Castells, seorang sosiolog yang meneliti tentang komunikasi, memicu keterasingan yang kerap kali melontarkan mereka ke dalam hidup yang pekat dengan kesunyian. Merasa kesepian pada akhirnya mendorong mereka ke jurang keputusasaan dan menjadikan bunuh diri sebagai jalan untuk keluar dari kepelikan hidup semacam itu.

Bunuh diri pada dasarnya adalah tindakan arogan seseorang yang mendahului kuasa Tuhan. Ia memosisikan dirinya sebagai sosok berkuasa yang memiliki otoritas untuk mengakhiri hidup, yang sebenarnya bukan miliknya sendiri. Hal ini jelas tidak sejalan dengan kerendahan hati sebagaimana ditunjukkan oleh Yesus pada detik-detik akhir dalam hidup-Nya. Sebagai Anak Manusia, Dia menyerahkan nyawa-Nya ke dalam tangan Bapa (ay. 46).

Penyerahan nyawa menjadi isyarat penundukan diri Yesus terhadap otoritas Bapa-Nya, Sang Empunya Kehidupan. Berada di tengah kepungan musuh dan pencemooh, ditinggalkan oleh murid-murid-Nya, serta merasa sendiri saat tergantung di atas kayu salib, Dia benar-benar merasakan kesepian tiada tara. Namun, Yesus tetap mengakui kuasa Bapa atas hidup-Nya yang mendatangkan kemuliaan bagi Allah (ay. 47).

Pemikiran untuk mendahului kuasa Tuhan tak boleh tebersit dalam benak kita sebagai orang-orang percaya. Sesulit apa pun hidup yang kita jalani, otoritas Tuhan tetap yang pertama dan terutama bekerja atas diri kita.

— EML/www.renunganharian.net


ATAS NAMA KESULITAN SEKALIPUN TAK ADA ALASAN UNTUK
MENDAHULUI KUASA TUHAN DALAM HIDUP ORANG PERCAYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.