PERJUMPAAN

1 2 3 4 5 Rating 4.43 (35 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 2:8-20

“Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” (Lukas 2:11)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 6-8



Sudah menjadi kelaziman untuk menampilkan kisah kelahiran Yesus dalam setiap perayaan Natal. Kita diajak untuk kembali mengenang peristiwa besar yang menjadi tonggak sejarah keselamatan manusia yang sekaligus menandai eksistensi kekristenan. Namun, kenangan akan peristiwa tersebut kerap kali membuat kita tergelincir dalam pemikiran yang dangkal, bahwa kelahiran Yesus hanya merupakan satu momen yang pernah terjadi di masa lampau.

Yesus memang seorang tokoh sejarah. Kelahiran-Nya pun menjadi fakta sejarah yang tak terbantahkan. Akan tetapi, Dia bukan hanya menjadi sejarah dalam hidup orang yang mau membuka hati bagi-Nya. Kelahiran-Nya justru akan membentuk sejarah hidup seseorang, tepat setelah orang itu mengalami perjumpaan secara pribadi dengan diri-Nya .

Natal tidak seharusnya dipandang sebagai sekadar peristiwa sejarah masa lalu. Hari ini (ay. 11) merupakan dua kata yang berdimensi kekinian. Dimensi inilah yang membuka ruang perenungan bagi kita, bahwa Yesus harus menjadi bagian dalam keseharian hidup kita. Hidup dan karya-Nya akan selalu memberi warna dan membentuk sejarah hidup kita.

Tanpa kelahiran Yesus, kekristenan tidak memiliki dasar yang kuat untuk berbicara tentang keselamatan. Kelahiran Sang Juru Selamat harus dimaknai sebagai peristiwa perjumpaan yang berperan dalam pembentukan sejarah hidup seorang pengikut Kristus.

—EML/www.renunganharian.net


NATAL ADALAH PERISTIWA PERJUMPAAN DENGAN PRIBADI YESUS
YANG MENJADI BAGIAN DARI SEJARAH HIDUP KEKRISTENAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.