MUKJIZAT YANG TERLEWATKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (49 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 4:1-9

“Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu.” (Ulangan 4:9a)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yehezkiel 14-16



Menurut cerita kuno orang Yahudi, waktu bangsa Israel keluar dari Mesir di bawah pimpinan Musa, dalam deretan panjang mereka berjalan dengan tergesa-gesa dan saling berimpitan sehingga mereka tidak melihat mukjizat-mukjizat yang terjadi di depan matanya sendiri. Rupanya cerita kuno ini menjadi cermin yang mengingatkan betapa seringnya mukjizat Tuhan terlewatkan begitu saja karena kita disibukkan oleh perkara yang lain. 

Kitab Ulangan berisi pengulangan Hukum Tuhan untuk diterapkan dalam situasi kekinian sang penulis. Tokoh Musa tak jemu-jemunya mengingatkan umat Israel untuk hidup seturut dengan hukum-hukum-Nya (ay. 2). Mengapa? Sebab mereka telah melihat dan mengalami sendiri pekerjaan Tuhan yang besar dalam kehidupannya (ay. 3, 9). Pengalaman keluarnya (dari Mesir) menjadi suatu pengantar yang penting bagi perjalanan iman Israel berikutnya dari generasi ke generasi (ay. 9b). Melupakannya adalah suatu kesalahan dan kelalaian yang amat fatal. 

Sibuk. Jadwal kita padat. Janji bertemu berderet antri, susul menyusul. Dering telepon genggam dan pesan singkat dari pelbagai belahan bumi terus menyita perhatian. Semua urusan menanti untuk dibereskan. Janji-janji menagih untuk ditepati. Benak kita dihujani pertanyaan “Sesudah ini apa?”—berorientasi ke hal-hal yang akan datang. Akibatnya, kita kehilangan perhatian dan ketakjuban pada momentum yang sedang berlangsung di depan mata. Padahal di situ Tuhan sedang bekerja, menyapa, dan mencurahkan rahmat-Nya untuk dinikmati, disyukuri, dan dijadikan bekal menyongsong esok hari.

—PAD/www.renunganharian.net


MERANGKUL MOMENTUM SEKARANG ADALAH CARA TERBAIK
UNTUK MENYAMBUT DATANGNYA HARI ESOK


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.