SEPERTI BIASA

1 2 3 4 5 Rating 4.71 (14 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Daniel 6:1-14

Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya. (Daniel 6:11)


Bacaan Alkitab Setahun: 
2 Raja-raja 1-3



Menjalankan kebiasaan kita di tempat baru tidaklah mudah, baik itu bahasa, budaya dan iman. Daniel muda, seorang Yehuda, diangkut ke Babel menjadi tawanan bersama banyak saudara sebangsanya (Dan. 1:6). Namun sejak awal, ia berkomitmen untuk menaati Tuhan dan hidup sesuai firman-Nya (Dan.1:8). Ia mempelajari bahasa dan budaya Babel (Dan. 1:4), namun tetap memelihara imannya kepada Allah. Allah pun mengaruniakannya hikmat dan berbagai pengertian, sehingga ia dipekerjakan oleh raja Babel. Ketika kerajaan Babel ditaklukkan oleh kerajaan Persia, raja Persia pun tetap mengangkatnya sebagai orang kepercayaan. Daniel tetap menghidupi imannya dan memelihara integritasnya. 

Para pejabat lain yang iri dan berperilaku korup memusuhi Daniel, dan melakukan cara-cara manipulatif untuk menyingkirkannya. Mereka sadar, ia hidup tak cela. Hanya dalam kesetiaannya kepada Allahnyalah mereka bisa mencari gara-gara. Mereka pun membuat raja menetapkan undang-undang yang melarang siapa pun menyampaikan permohonan (doa) selain kepada raja selama 30 hari (ay. 5, 8). Namun Daniel tidak gentar. Ia tidak mau peraturan manusia menghalanginya berhubungan dengan Allah semesta alam. Ia pun siap menanggung risikonya. Syukur, Allah menunjukkan pemeliharaan-Nya dengan melepaskannya dari gua singa. 

Kesetiaan Daniel pada Allah tidaklah muncul serta-merta. Ia telah memeliharanya sejak muda. Jadi mari belajar menjadikan kesetiaan kepada Allah sebagai sesuatu yang biasa, setiap hari. —HT

SEGALA SIFAT BAIK, TERMASUK KESETIAAN KITA KEPADA ALLAH,
TIDAK MUNCUL BEGITU SAJA, MELAINKAN KARENA KITA MEMBIASAKANNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.