PILIHAN RUT

1 2 3 4 5 Rating 4.58 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Rut 1:1-22

Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku” (Rut 1:16)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kejadian 28-30



Albert Camus, penulis dan filsuf Prancis, mengatakan, “Kehidupan ini adalah gabungan dari semua pilihan Anda. Jadi, apa yang Anda lakukan hari ini?” Keseluruhan hidup kita dibentuk melalui pilihan-pilihan yang kita ambil dari waktu ke waktu. Sikap kita dalam memutuskan suatu pilihan turut membentuk keadaan yang kita alami dalam hidup kita kelak. 

Rut diperhadapkan pada situasi dan kondisi yang sulit. Mertuanya, Naomi, meminta ia dan Orpa, iparnya, ke rumah orangtua mereka karena suami mereka masing-masing telah meninggal dunia (ay. 8). Pada mulanya mereka menolak, namun Naomi mendesak mereka karena tidak ada alasan bagi mereka untuk tetap bersamanya (ay.12). Akhirnya, Orpa pamit, namun Rut memutuskan untuk tetap menyertai Naomi (ay. 16). Ia bahkan rela meninggalkan bangsanya, dan ikut menyembah Allah Naomi. Sungguh sebuah keputusan yang tidak main-main! Melalui keputusan itu, Tuhan mengubah dan mengarahkan jalan hidupnya sampai akhirnya ia bertemu dan menikah dengan Boas. Dan, meskipun ia perempuan asing, Tuhan memakai keturunan Rut dalam karya penyelamatan-Nya, yaitu sebagai leluhur Yesus Kristus. 

Rut telah mengambil keputusan yang tepat sehingga pilihannya itu mengubahkan hidupnya secara keseluruhan. Bagaimana dengan kita? Mintalah hikmat Tuhan, agar kita dimampukan untuk memilih dengan arif dan benar. Kiranya kita tidak tergoda untuk memilih jalan yang serba nyaman, tetapi jalan yang, meskipun sulit, selaras dengan kehendak-Nya. —FJH

KESADARAN AKAN PENTINGNYA SUATU PILIHAN
MENOLONG KITA UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN SECARA BIJAKSANA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.