KISAH TENTANG RUMAH

1 2 3 4 5 Rating 3.93 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yosua 24:14-18

... pilihlah pada hari ini … (Yosua 24:15 b)


Bacaan Alkitab Setahun:
Maleakhi 1-4



Sepasang suami-istri muda meminta saya singgah di rumah mereka untuk berdoa bagi rumah dan keluarga mereka. Di ruang tamu yang bersahaja, pasangan itu bergantian menceritakan bagaimana mereka akhirnya mendapatkan rumah. Kisah mereka ternyata penuh kerikil tajam sehingga si istri menuturkannya dengan berurai air mata.

Semua rumah, juga rumah kita, pastilah mempunyai kisah. Sebagian kisahnyabahan-bahannya, arsitekturnya, pembangunannyamungkin ditulis oleh orang lain. Tetapi, kisah-kisah yang terpentingbagaimana kita berelasi dengan istri, suami, anak-anak, orang tua, mertua, pembantu, tetanggakita sendirilah yang menulisnya.

Umat Tuhan segera memasuki “rumah baru” mereka: Kanaan. Di “rumah baru” itu, umat Tuhan harus menuliskan sendiri kisah-kisah mereka. Pada saat yang menentukan itulah, Yosua mengingatkan, “Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah” (Yosua 24:15). Sangat jelas, pilihan tersebut mutlak menentukan kisah macam apa yang akan mereka tulis. 

Kita semua juga telah dan masih akan terus menuliskan kisah rumah kita. Itu tak mungkin dihindari. Pertanyaannya: kisah-kisah apa yang kita pilih untuk kita tulis? Kisah memilukan yang membuat pembacanya terhanyut berurai air mata? Kisah egois yang membuat sesama yang melihat mengernyitkan kening atau mengertakkan gigi?

Betapa indah seandainya yang kita tuliskan adalah kisah mesra penuh cinta saling menopang saling menguatkan. Kisah yang membuat orang turut merasakan keindahan dan kehangatan.—EE

SEBUAH RUMAH AKAN MELAHIRKAN KISAH-KISAH INDAH
KALA PARA PENGHUNI MEMBANGUNNYA DENGAN HATI PENUH CINTA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.