RODA ZAMAN

1 2 3 4 5 Rating 4.62 (29 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Keluaran 1:1-14

Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. (Keluaran 1:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Samuel 25-27



Sering orang berkata, hidup ini seperti roda. Sekali waktu di atas, lain kesempatan di bawah. Ada saatnya kita senang, ada saatnya kita susah. Silih berganti. Ada kalanya melambung ringan di atas, ada kalanya tertindih berat di bawah. Begitu pun melajunya zaman. Ada zaman cerlang-gemilang, ada zaman hitam suram. Layaknya roda. Roda zaman.

Kitab Keluaran dibuka dengan pengantar situasi zaman yang telah berubah. Yusuf dan generasi seangkatannya telah tiada (ay. 6). Namanya tidak dikenal lagi oleh penguasa yang baru. Artinya, zaman sudah berubah. Masa keturunan Yakub terbopong di atas bersama melejitnya karir Yusuf sudah lewat. Tibalah masa Israel tertindas di era pemerintahan baru (ay.1011). Namun, di tengah situasi inilah Tuhan sedang menyiapkan datangnya seorang pemimpin besar dan peristiwa besar: Musa dan keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir.

Keadaan politik, sosial, dan ekonomi bisa berubah kapan saja. Roda zaman boleh berputar. Namun, Allah tetap memegang kendali perputarannya. Di aras “atas”, zaman emas, Dia bertindak. Di lapis “bawah”, zaman keras, Dia menjalankan rencana-Nya. Maka, jangan lengah dan jangan hanya mengeluh. Dalam segala situasi, bersiagalah dalam Tuhan dan berharaplah kepada-Nya. Dia tak akan pernah berubah.—PAD

ZAMAN BOLEH BERUBAH, NAMUN KESETIAAN
DAN PIMPINAN TUHAN TETAP SAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.