MENGAKUI DAN MENINGGALKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.64 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Amsal 28:10-14

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. (Amsal 28:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 11-13



Sewaktu belum menikah, saya mengikuti ibadah yang hanya dihadiri kaum pria. Seusai firman Tuhan disampaikan, para pria yang hadir diminta untuk duduk berdua-berdua, termasuk saya. Apa yang kemudian dilakukan? Kami diminta saling mengakui kebiasaan buruk atau dosa yang sering dilakukan, lalu diakhiri dengan saling mendoakan. Secara pribadi, saya merasakan ada kelegaan dalam hati setelah ibadah tersebut selesai. 

Dosa bukanlah sesuatu yang baru dalam sejarah manusia. Sejak Adam dan Hawa gagal menaati firman Allah berkaitan dengan buah pohon pengetahuan, dosa masuk ke dalam hidup manusia. Tindakan Adam dan Hawa, yang kemudian bersembunyi dari Allah, juga ditiru manusia yang, setelah berbuat dosa, cenderung bersembunyi dari Allah dan sesama. Padahal, dosa seharusnya diakui dan ditinggalkan, bukan disembunyikan, karena cepat atau lambat toh akan terungkap. Ada janji Tuhan yang luar biasa bahwa siapa yang mengakui dan meninggalkan pelanggarannya akan disayangi oleh Tuhan. Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari menulis: “Siapa menyembunyikan dosanya tidak akan beruntung. Siapa mengakui dan meninggalkannya, akan dikasihani Tuhan” (ay. 13). 

Tindakan menyembunyikan dosa hanya akan mendatangkan ketidakberuntungan dalam hidup kita. Tak sedikit orang akhirnya frustrasi karena tak kunjung lepas dari ikatan dosa. Tobat, kumat, tobat, kumatbegitu seterusnya. Namun, keputusan untuk mengakui, lalu meninggalkan dosa, akan membawa berkat bagi kita. Silakan membuat keputusan.—GHJ

DOSA YANG DISEMBUNYIKAN HANYA AKAN MEMBAWA KEBUSUKAN
DALAM HIDUP KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.