TAK MENANGGAPI

1 2 3 4 5 Rating 4.87 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kolose 3:1-17

Karena itu, matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang yang tidak taat]. (Kolose 3:5-6)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 41-44



Sebuah SMS masuk ke HP saya. Seolah berasal dari mahasiswi kesepian yang minta ditemani. Bukannya merasa senang, saya malah membayangkan seorang penipu sedang mengincar saya untuk dijadikan mangsa. Si pengirim tentu tidak mengenal saya. Bila direspons, penipu itu akan tahu banyak detail pribadi saya. Mungkin ia akan menggunakannya untuk memeras saya. SMS itu pun segera saya hapus. Menurut dugaan saya, SMS itu dikirim ke banyak orang, dan bisa jadi menelan korban.

Godaan berdosa dapat masuk lewat banyak pintu. Sasarannya keduniawian dalam diri kita, yaitu hawa nafsu dan nafsu jahat. Selain percabulan, nafsu duniawi mencakup pula keinginan untuk memperoleh uang secara cepat tanpa perlu bekerja keras. Kenikmatan dan kepuasan yang bersifat sementara sering sangat memikat dan dapat menyebabkan kejatuhan kita. Rasul Paulus mengajarkan dua cara untuk menghadapinya.
Pertama, dengan mencari dan memikirkan hal-hal surgawi. Kedua, dengan tidak lagi hidup seperti manusia lama. Di dalam Kristus, kita telah mati terhadap dosa. Ketika menghadapi godaan, kita tidak perlu menanggapinya, sama seperti orang mati tidak bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya.

Apakah selama ini Anda berusaha menekan hawa nafsu agar tidak jatuh dalam dosa? Mungkin semakin ditekan, semakin sulit Anda mengendalikan desakan nafsu itu? Saatnya menggunakan anjuran Rasul Paulus, yaitu dengan tidak merespons rangsangan keduniawian. Sembari Anda memusatkan perhatian pada hal-hal surgawi.HEM

MARI BELAJAR UNTUK TIDAK MENANGGAPI GODAAN KEDUNIAWIAN
SAMBIL TERUS MEMUSATKAN DIRI PADA PERKARA SURGAWI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.