BERHENTI SEJENAK

1 2 3 4 5 Rating 3.95 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MARKUS 6:30-32

Lalu Ia berkata kepada mereka, “Marilah menyendiri ke tempat yang terpencil, dan beristirahatlah sejenak!” Sebab, memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. (Markus 6:31)


Bacaan Alkitab Setahun:
Keluaran 13-15



"Burnout" dapat diterjemahkan sebagai kelelahan fisik dan mental. Hal ini dapat terjadi pada semua orang yang terus-menerus sibuk dalam pekerjaan, bahkan pelayanan dalam waktu lama dan mengabaikan istirahat yang cukup. Pada akhirnya, orang-orang tersebut akan menjadi tidak efektif lagi dalam bekerja dan melayani.

Murid-murid telah kembali setelah diutus oleh Yesus berdua-dua untuk melakukan pelayanan. Mereka memberitahukan kepada Yesus, apa yang telah mereka lakukan dan ajarkan (ay. 30). Kemudian karena banyaknya orang yang terus datang dan pergi untuk mendapatkan pelayanan sepanjang hari itu, mereka bahkan tidak sempat makan, maka Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk beristirahat. Yesus mengajak mereka ke tempat yang terpencil supaya mereka bisa sendirian. Bagi Yesus, pelayanan itu penting, tetapi istirahat pun juga hal penting yang dapat memberikan efektivitas dalam melayani orang-orang. Dalam kesunyian, mereka mendapatkan ketenangan dan kesegaran secara fisik dan mental untuk pelayanan selanjutnya.

Kita hidup di zaman yang begitu sibuk. Sejak pagi sekali kita memulai aktivitas dan selesai ketika sore, bahkan tak jarang lembur tugas maupun pekerjaan sampai larut malam. Pernahkan kita merasa lelah, jenuh, dan merasa tidak bisa keluar dari lingkaran kesibukan itu? Marilah kita berhenti sejenak, dalam kesunyian dan kesendirian, ada waktu bagi kita untuk memperhatikan dan mengasihi diri kita yang rapuh dan terbatas dan memohon kekuatan kepada Tuhan sehingga menjadi lebih efektif dalam bekerja, mengasihi, dan melayani sesama.

—ANT/www.renunganharian.net


BERHENTI SEJENAK MENOLONG KITA MELAKUKAN PANGGILAN-NYA DENGAN LEBIH EFEKTIF


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.