PENGKHIANATAN BRUTUS

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (46 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 SAMUEL 8:15-18

Aku tidak duduk dengan penipu, dan dengan orang munafik aku tidak bergaul; aku benci kepada perkumpulan orang yang berbuat jahat, dan dengan orang fasik aku tidak duduk. (Mazmur 26:4-5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 48-50



Julius Caesar adalah pemimpin kekaisaran Romawi yang paling terkenal. Kemenangan demi kemenangan ia raih dalam perangnya untuk memperluas Roma. Bahkan, dari namanya muncul istilah "kaisar" yang kita kenal hingga sekarang. Tapi tragis, hidupnya berakhir dengan dibunuh dalam sebuah gerakan pengkhianatan oleh para senator di bawah kepemimpinan Brutus, salah seorang sahabatnya sendiri.

Orang-orang di sekitar kita sangat berpengaruh kepada keberhasilan atau kegagalan dalam banyak hal dalam hidup ini. Daud dikelilingi oleh orang-orang yang setia mendukungnya dan memberikan kemenangan-kemenangan baginya. Memang, di bagian-bagian selanjutnya, sebagian orangnya ini nanti meninggalkan dia dan mengacaukan situasi. Tapi di bagian perikop ini, mereka diakui berperan besar dalam kesuksesan Daud untuk membawa Israel masuk ke dalam masa kejayaan.

Menyadari pentingnya kualitas orang-orang yang ada di sekitar kita ini, Alkitab berulang kali mengingatkan untuk hati-hati dalam bergaul. Milikilah sahabat-sahabat yang setia dan tulus. Milikilah komunitas persekutuan yang mendorong dan menjagai kita. Bukalah diri untuk dipengaruhi dan diperkaya oleh mereka.

Namun, berhati-hatilah kepada orang-orang yang suka menipu, menjilat, dan memfitnah. Berhati-hatilah kepada mereka yang munafik dan berusaha menjauhkan kita dari rencana Tuhan. Kalau Tuhan beri kesempatan, pengaruhi, nasihati, dan bimbinglah mereka untuk kembali ke jalan yang benar. Tapi jangan sampai kita justru yang terbawa oleh pengaruh buruk mereka sehingga tanpa sadar kita sedang menuju kepada kehancuran.

—ALS/www.renunganharian.net


KELILINGILAH DIRI KITA DENGAN ORANG-ORANG YANG AKAN
MEMBAWA KITA KEPADA KEBERHASILAN DI DALAM TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.